Monday, October 24, 2016

Menginap di The Santosa Villas & Resort


Senang sekali bisa menjejakkan kaki kembali ke Senggigi, Lombok, NTB. Pertama kali ke sana saat honeymoon 3,5 tahun silam. Bedanya, kali ini tujuan saya adalah business trip dalam rangka raker tahunan.

Saya menginap di The Santosa Villas & Resort selama dua malam. Saya agak menyesal karena tidak begitu menikmati suasana dan fasilitas hotel ini karena padatnya jadwal raker. Maklum, saya adalah salah satu panitia seksi sibuk.

Kamar
Saya menginap di kamar tipe superior twin. Kamarnya cukup lega untuk dua orang, berlantai kayu, dan ada balkonnya. Meskipun tipe kamar dengan rate terendah, kamar mandinya dilengkapi dengan bathtub.

Dinding kamar di bagian atas kasur dihiasi art print. Ada televisi, sayangnya masih tipe jadul, yakni TV tabung. Boleh dibilang, hotel ini baik dekor kamar dan furniturnya terkesan sudah lama dan belum mengalami pembaruan.

Selain itu, building kamar saya terkesan gelap, suram, dan minim pencahayaan. Elevatornya juga berbau apak. Memang sebagian kamar di building tersebut sedang direnovasi. Tetap saja terasa spooky berjalan di sekitar sana pada malam hari.

Pemandangan balkon adalah pepohonan, yang bikin saya ngga pernah nongkrong di sana. Ngga sempat juga sih.





F&B
Karena sedang raker, bisa dibilang aktivitas makan berpusat di restoran hotel. Saya sempat sarapan dan makan malam di Nusantara Restaurant, serta lunch di The Gili Lounge.

Kualitas makanannya? So so sih, nothing impressed me that much. Mereka memadukan menu mainstream Asia dan Western dengan khas Lombok, misalnya lunch ada sayur areh, sate tanjung, ayam taliwang berpadu dengan nasi goreng atau bihun goreng.

Dua kali dinner, kami menikmati sajian BBQ fresh from the grill yang terdiri dari daging sapi, daging ayam, ikan, cumi, dan sosis, dilengkapi tiga macam saus: BBQ, mushroom, dan black pepper.

Saat sarapan, saya cukup menikmati beberapa pilihan makanan, seperti kentang, sosis, omelette, nasi goreng, banana cake, dan muffin. Pilihan minum antara lain: teh, kopi, jus, dan air mineral. Ada buah-buahan dan salad bar juga.

Tidak terlalu banyak pilihan makanan dibandingkan dengan hotel yang pernah saya inapi di Senggigi, yang menyajikan beragam menu sarapan Asian and Western.




Fasilitas
Hotel ini menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap untuk ukuran hotel bintang empat di sepanjang jalur pantai Senggigi, Lombok. Ada spa, kolam renang, jogging track, dan akses langsung ke pantai.

Dari cerita teman-teman yang sempat merasakan fasilitas tersebut (hiks!), kolam renangnya cukup nyaman dan didesain bagus dikelilingi pepohonan asri. Pantainya berpasir hitam dan disandari perahu para nelayan sehingga agak kurang nyaman dan bersih.

Belum lagi penjaja asongan yang menawarkan suvenir seperti kaos dan mutiara yang berkeliaran di pantai. Mereka dilarang memasuki area hotel, hanya sampai batas hotel dengan pantai.

Ini review menginap di The Santosa Villas & Resort, Senggigi, Lombok:

Plus:
+ Lokasinya strategis, dekat dengan pusat keramaian, dan terletak di pinggir jalan utama. Ada convenient store seperti Alfamart dan Indomaret di dekat gerbang utama hotel. Selain itu, ada kafe, pub, dan resto The Taman di luar hotel, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari lobby hotel ke gerbang utama.
+ Hotel ini terbilang luas karena memiliki ballroom, beberapa ruang meeting, mushola, jogging track, cottage, dan lain-lain.
+ Buat yang mencari ketenangan dan jauh dari hingar-bingar, hotel ini cocok sekali. Senggigi memang terkenal lebih quiet atau "kalem" dibandingkan dengan Gili Trawangan.
+ Harganya cukup terjangkau untuk kamar standar yang sudah dilengkapi bathtub.
+ Fasilitasnya lengkap untuk yang hanya ingin berdiam di hotel.
+ Akses langsung ke pantai (private beach)

Cons:
- Bangunannya agak jadul dan belum diperbarui.
- AC kamar nggak dingin-dingin amat meskipun sudah disetel 16 derajat.
- Tidak ada hairdryer di kamar mandi, harus pinjam ke housekeeper dulu.
- TV jadul masih model tabung.
- Kebetulan saya dapat kamar dengan kamar mandi yang gagang shower-nya patah. 
- Handuknya beraroma apak seperti handuk yang sudah lama tidak dipakai. Pinggirannya sudah brudul juga.
- Dekor kamarnya kurang meriah, kurang ornamen sehingga menambah kesan jadul.

The Santosa Villas & Resort Lombok
Jl. Raya Senggigi Km.8 Mataram, NTB - INDONESIA
Telp. +62.370.693090
Fax. +62.370.693175

*cover post taken from here

2 comments:

  1. Baca postingan ini jadi ingat kayaknya ini hotel setipe sama Puri Khatulistiwa yang di Nangor, Win. Hotelnya bagus tapi bangunannya kuno. TVnya masih tabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aku belum pernah nginep di Puri Khatulistiwa, hahaha. Sepertinya banyak hotel yang seperti ini, fasilitas dan area outdoor-nya kece dan Instagenic tetapi nuansa kamar tidurnya jadul.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.