Monday, April 1, 2019

ESQA Travel Collection: Blush & Mini Lip Gloss Review


Salah satu brand lokal yang memiliki branding cukup kuat adalah ESQA Cosmetics, yang mengusung konsep kosmetik vegan pertama di Indonesia. Ketika produk ESQA diskon 50% di Sociolla, saya pun tergoda untuk mencoba travel sized blush dan mini lip gloss.

Sebenarnya, saya sudah lama tertarik mencoba produk ESQA namun selalu urung karena harganya di atas budget kosmetik yang saya alokasikan. Ternyata, ada alasan di balik harga produk kosmetik ESQA yang di atas rata-rata brand kosmetik lokal sejenis. Berdasarkan wawancara dengan Female Daily, kedua founder ESQA, Cindy Angelina dan Kezia Toemion mengaku bahan baku dan packaging produk ESQA masih diimpor.

Berkat diskon Sociolla ini, saya membeli koleksi terbaru ESQA yang menjadikan Paola Tambunan dan Hellua The Lipstick Mafiaaa sebagai muse: ESQA Travel Collection yang terdiri dari mini single blush (4,3 gr) dan mini lip gloss (2 ml).

(Baca: Rekomendasi Lip Gloss Brand Lokal)

ESQA memilih tema negara destinasi liburan untuk koleksi blush dan mini lip gloss. Sebut saja Dubai, Tokyo, London, Sydney, dan Jakarta sebagai inspirasi mini lip gloss sedangkan Bali, Honolulu, Malibu, dan Milan untuk koleksi blush.

Yuk, simak review ESQA blush dan mini lip gloss ini!

ESQA Travel Size Blush in Bali


Claim:
Our gorgeous shades have buildable coverage. Enhance the color of your cheeks with our mauve pink matte blush. It's Vegan, Halal and made without harsh chemicals. This is the perfect size for travelling.

Ingredients:
Mica, Talc, Dimethicone, Polymethyl Methacrylate, Methicone, Laouroyl Lysine, Cyclopentasiloxane, Octyl Palmitate, Hydroxyapatite, Dimethiconol, Sorbitan laurate, Tocopheryl acetate, BHT, Triethoxycaprylylsilane, DMDM Hydantion, Water, Lodopropynyl Butylcarbamate, CI 15850; 1, CI 19140, CI 77002, CI 77491, CI 77492, CI 77499. (No. izin BPOM : NA18181207180)

How to Use:
Apply with a medium fluffy brush for a soft natural finish. Apply blush on the apples of your cheeks.

PAO:
24 bulan

Price:
Rp125.000


Packaging:
ESQA Blush dikemas dengan boks karton nan compact berwarna pink peach. Informasi tentang ingredients, PAO, logo halal MUI dan cruelty free tercantum pada boks. Logo ESQA dengan warna rose gold khas ESQA di-emboss pada boks karton.

Oleh karena mini single blush on, ESQA Blush tidak dilengkapi dengan brush namun ada built in mirror, sesuatu yang di luar ekspektasi saya akan mini blush on ini. Blush dikemas compact dengan warna glossy rose gold yang mewah dan elegan. Materialnya sih plastik tetapi tidak ringkih lho! Sayangnya, kemasannya ini tidak ramah sidik jari. Kalau sering digunakan, tutupnya jadi agak buram karena penuh cap sidik jari. Mesti rajin dibersihkan supaya kemasan rose gold-nya tetap kinclong.

(Baca: Pixy Twin Blush in Terracotta)

Selain itu, ada plastick lid yang melindungi blush. Bagian pan warnanya putih, sayang sih soalnya terlihat cepat kotor terkena bubuk blush.

Texture, Color, Scent:
Shade Bali ini dideskripsikan sebagai soft peachy pink blush. ESQA Blush shade Bali ini memiliki tekstur yang lembut dan agak sheer. Ngga terlalu banyak powder yang terbuang ketika diaplikasikan menggunakan brush. Ketika dicolek, warnanya memang sheer, perlu dipulas beberapa kali di pipi supaya warnanya keluar. Ini tergantung selera ya, mau blush on terlihat banget atau tipis aja, bisa diatur. Nggak ada aroma yang tercium pada powder blush ini.

ESQA Mini Lip Gloss in London


Claim:
Our Gloss Lip Liquids are full-coverage with a shiny gloss finish. It delivers rich moisture that lasts for hours. It’s vegan and enriched with a dose of nourishing vitamin E to keep lips hydrated.

Ingredients:
Hydrogenated Polyisobunete, Polyisobutene, Phenyl Trimethicone, Caprylic/Capric Triglyceride, Ceresin, Dextrin Palmitate/Ethylhexanoate, Tridecyl Trimellitate, Phenoxyethanol, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Flavour, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tocopheryl acetate, BHT, Bisabolol, Water. May Contain: CI 15850:1, CI 45410:2, CI 77491, CI 77492, CI 77499, CI 77891. (No. izin BPOM : NA18181305608)

How to Use:
Apply to lips without pressing the lips together. Keep lips still for an even application. For longer wear, avoid greasy and oily food.

PAO:
24 bulan

Price:
Rp100.000


Packaging:
Serupa dengan blush, ESQA Mini Lip Gloss dilengkapi dengan boks karton yang berwarna mirip dengan warna lip gloss. Informasi tentang ingredients, PAO, logo halal MUI dan cruelty free juga tercantum jelas. Lip gloss dikemas dengan tube mungil transparan sedangkan tutupnya rose gold khas ESQA. Aplikatornya berupa doe-foot yang nyaman dan mampu menjangkau seluruh area bibir dengan baik. Ukurannya tube memang mini, beneran travel friendly karena ngga akan makan tempat di makeup pouch.


Texture, Color, Scent:
Lip bloss ESQA ini memiliki tekstur yang mirip dengan lip cream: thick but spreadable. Kayak mengaplikasikan lip cream pada umumnya karena warnanya pigmented. Yes, ada warnanya karena bukanlah lip gloss yang bening transparan itu. Shade London ini dideskripsikan sebagai light mauvy nude color with glossy finish sehingga bisa dipakai sendiri, bukan lip topper. Ngga ada unsur shimmer pada lip gloss ini, jadi seperti memakain liquid lipstick dengan glossy finish yang nggak berlebihan. Ada aroma manis yang tercium ketika lip gloss diaplikasikan, nggak mengganggu kok.

FINAL THOUGHTS:


Sesuai dengan namanya, ESQA Travel Collection ini sungguh sangat travel friendly karena kemasannya yang imut-imut namun dahsyat! Selain keunggulan vegan, cruelty free, Halal certified, produk blush dan lip gloss ESQA memang sebagus itu.

Untuk ESQA Blush shade Bali, penampilannya boleh sheer, tetapi awet seharian! Nggak mudah luntur terkena air maupun keringat. Saat wajah terkena air wudhu kedua kali, blush masih tampak samar-samar, bukan yang langsung hilang pada wajah.

Adapun, daya tahan mini lip gloss shade London bisa 3-5 jam tanpa makan dan minum. Tentunya, lip gloss ESQA tidak transfer proof. Sehabis makan-minum, lip gloss masih tersisa di bibir, area inner lips jelas bubar jalan. Tinggal reapply tanpa harus menghapus sisa lip gloss. Bibir juga tetap terasa lembap, nggak bikin bibir kering mengelupas.

(Baca: BLP Beauty Lip Coat in Peach Soda)

Saya puas membeli produk blush dan mini lip gloss ESQA karena produknya memang berkualitas dan packaging-nya berkelas. Tetapi, harganya memang di luar budget makeup sih. Sepertinya, saya bakal repurchase ESQA kalau diskon. Soalnya, ada produk makeup brand lain yang performanya kurang lebih sama tetapi harganya lebih terjangkau oleh budget saya.

Buat yang vegan & cruelty free minded maupun concern dengan sertifikasi halal, ESQA Cosmetics sudah memenuhi ekspektasi kamu. Apalagi masa pemakaiannya terbilang lama, hingga dua tahun! Produk ESQA Cosmetics dapat dibeli secara online melalui Sociolla, Shopee, Tokopedia, dan website resmi ESQA Cosmetics.

Ingin belanja ESQA Travel Collection di Sociolla lebih hemat? Gunakan kode voucher "SBNLA0R7"untuk mendapatkan potongan harga sebesar Rp50 ribu untuk pembelanjaan minimal Rp250 ribu di Sociolla.






5 comments:

  1. ternyata pigmentasi lip glossnya bagus ya. aku jadi makin yakin harus beli itu wahaha.

    ReplyDelete
  2. kalau mini2 gini seharusnya abis ya mbak? *meyakinkan diri sendiri* soalnya aku ga pernah pakai makeup sampe habis sbeelum exp hiks :(

    ReplyDelete
  3. Soo... fresh! BTW naksir akutu sama ESQA blush on-nya, tapi packagingnya tidak erny friendly. Aku anaknya ceroboh banget soalnya. kebayang deh gimana kotornya nanti haha. But, tetep mau beli haha

    ReplyDelete
  4. iya banget mba aku kemarin beli gloss sm blushnya dan emang sebagus itu! mulai berpikir pengen beli warna lain hahaha

    ReplyDelete
  5. itu lipglossnya kok kayak lipeeen? hahahhaha aku kan kudet urusan meap-meapan ini yaa, baru belajar sekarang... lipen aja baru beli kemaren2 jadi aku harus baca2 banyak info ttg permeapan kyk gini niiih :D

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.