Monday, October 17, 2016

Female Daily Blogger Workshop (Part 1)


Blogger amatir kayak saya butuh sekali asupan ilmu, tips & trick dari para blogger berpengalaman dengan jam terbang tinggi. Ketika Female Daily menggelar Blogger Workshop: Becoming A Powerful & Productive Blogger pada Sabtu (8/10) di Annex Building Pullman Hotel Thamrin, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar sebagai peserta dan membayar Rp200 ribu untuk one day workshop.

Deretan narasumber yang mumpuni membuat saya berekspektasi tinggi pada workshop yang terbagi menjadi empat sesi talkshow dan satu sesi workshop yang terdiri dari empat pilihan. Saya memilih workshop Beauty Blog: How to Erite Amazing Product Review dengan narasumber dari Female Daily, Anetta Darandri.

Saya sih pengen ngeliat aslinya Jovi Adhiguna dan Suhay Salim meskipun ingin mendengarkan sharing dari Diana Rikasari, blogger turns into entrepreneur.

Padatnya acara ini (bayangin dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore!) agak susah buat foto bareng dengan para pembicara. Saya hanya berhasil foto sama Rahne Putri. Sempat duduk di smoking area bareng Jovi, saya yang sungkan buat ngajak foto bareng. I secretly adore him as a straight forward person.

Saya summary jalannya workshop yang didukung oleh Samsung Galaxy J Series ini.

1. Talkshow: The Power Blogger (Harumi Sudrajat dan Cindy Karmoko)

Dua perempuan cantik dan stylish ini sukses bikin melek di Sabtu pagi. Harumi dengan suara seraknya, berdandan glam ala 90's dengan choker hitamnya sedangkan Cindy yang aslinya jangkung, memiliki rambut platinum blonde (CMIIW). FYI, Cindy ini pernah punya warna rambut gray ala granny but it suited her very well!

Dari pemaparan yang disampaikan Harumi dan Cindy, konsistensi dan ciri khas adalah KOENTJI untuk menjadi seorang blogger kondang. Take notes ya, it takes process! Semua blogger yang terkenal sekarang, tentu melalui jalur berliku dulu bertahun-tahun. Nggak ada ketenaran instant kecuali memang niat bikin kontroversi.

Mereka juga berbagi tips supaya blog tetap ramai dikunjungi. Kita bisa share teaser atau cuplikan blog post melalui social media yang dimiliki. Bahkan penggunaan hashtag pada postingan foto di Instagram juga berpengaruh. Selain itu, ide topik blog juga bisa berasal dari pembaca yang request pembahasan topik tertentu. Kalau Cindy, tidak bisa lepas dari smartphone untuk menulis draft atau any ideas that pop from her mind.

2. Talkshow: The Rise of The YouTubers (Jovi Adhiguna, Suhay Salim, Cheryl Raissa)


Siapa sih yang nggak tahu ketiga seleb YouTube ini? Terutama Jovi Adhiguna dan Suhay Salim. Saya malah tahu Cheryl Raissa itu pas acara ini, hehehe. Seru banget bisa melihat aslinya mereka. Jovi jelas aslinya memang kocak dan menyenangkan. Cheryl aslinya jayus sedangkan Suhay orangnya blak-blakan.

Dari ketiga YouTuber ngehits ini, sepertinya penampilan Jovi yang paling ditunggu-tunggu. Mayoritas peserta yang memang perempuan ini, nggak sungkan berteriak histeris dan ketawa kenceng setiap mendengar Jovi berbicara. He's utterly stunning for real! Apalagi Jovi pakai transparent high heels yang jatuhnya kece banget di kakinya.

Yang bisa saya petik dari sharing ketiga YouTubers ini adalah selama kita konsisten dan punya konsep yang matang, peralatan yang mahal bukanlah kendala. Pakai aja alat seadanya, maksimalkan natural light, punya teman bisa ngedit video, manfaatkan! Kamera, ring light, backdrop kece dan tripod berkualitas bisa dipenuhi bertahap. Jika video YouTube sudah menghasilkan, bisa tuh dicicil satu per satu gadget penunjang.


No comments:

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.