Saturday, October 15, 2016

5 Aktivitas Akhir Pekan di Lingkungan Rumah

Image taken from here
Makin ke sini, lalu lintas saat weekend semakin bikin keki. Macet luar biasa dibandingkan dengan weekdays. Sepertinya orang-orang yang sehari-hari beraktivitas menggunakan sepeda motor, memilih menyetir mobil kala weekend. Jadinya macet kabeh lebih-lebih hari biasa. 

Beberapa bulan terakhir, saya sering menghabiskan weekend di rumah saja. Malas sekali berhadapan dengan kemacetan dari rumah menuju mall favorit yang berada di Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat. Alih-alih happy dan feel relax on the weekend, malah jadi stres sendiri menghadapi kemacetan.

Ngga garing tuh weekend nggak ke mana-mana? Kadang terasa bosan juga karena nggak ngemall tetapi ada kok beberapa aktivitas di rumah dan di sekitar lingkungan rumah yang bisa menyiasati kebosanan saat hanya di rumah pas weekend. 

1. Nonton TV 
Ini memang the easiest anti boring activity saat di rumah. Tetapi, dengan catatan TV-nya adalah TV kabel ya. Ada beragam channel TV yang bisa menjadi pilihan. Kalau saya suka banget dengan channel FOX, FOX Crime, dan Star World. Setiap weekend, biasanya FOX dan FOX Crime akan menayangkan rerun serial crime scene investigation secara marathon. 

Bagi saya, ini "me time" bisa menonton serial favorit seperti CSI, NCIS, Bones, Castle, dan Criminal Minds berjam-jam tanpa bosan. Ini sekalian killing time juga, suka lupa waktu! Hehehe.

2. Order Makanan
Beragam pilihan layanan delivery makanan sungguh memudahkan hidup terutama pas weekend, saat kumat rasa malas memasak. Baik comfort food dan fast food, dessert, semua bisa dipesan melalui aplikasi atau layanan delivery langsung dari restoran. Tetapi, ada side effect-nya nih. Bisa-bisa dompet jebol kalau keseringan order makanan.

3. Arisan
Ada nggak ibu-ibu yang biasanya tinggal di komplek perumahan tidak tergabung dalam kelompok arisan? Di komplek perumahan saya, arisan ibu-ibu satu blok diadakan setiap sekali dalam sebulan, pekan pertama atau pekan kedua. Lokasinya bergantian dari rumah ke rumah.

Arisan menjadi ajang bersosialisasi dengan tetangga. Maklum sehari-hari waktunya habis di kantor. Namanya arisan, kalau nggak rame dengan obrolan heboh ibu-ibu, agak garing ya. Belum lagi makanan dan kue-kue enak nan lezat yang disajikan nyonya rumah, itu juga daya tarik arisan lho!

4. Jajan di minimart
Keberadaan minimart di sekitar komplek perumahan tiada duanya. Buat saya yang memang suka jajan snack dan minuman kemasan, minimart itu ibarat surga yang mengancam isi dompet. Bahkan saya sering menemukan makanan dan minuman terbaru, yang belum ada iklannya.

Tempo hari saya pernah menemukan potato chips Lay's rasa honey butter, Chitato #Foodie rasa honey beef BBQ dan seaweed, Qtela varian opak bahkan Qtela keripik singkong berlumur chocolate sauce. Bagaimana dengan susu kemasan Frisian Flag rasa coconut delight? 

Salah satu minimart di mana saya bisa menemukan camilan dekat rumah adalah Alfamart. Tidak hanya jajan cemilan dan membeli kebutuhan rumah tangga, bayar tagihan di Alfamart juga bisa. Salah satu fasilitas yang ditawarkan Alfamart ini memudahkan kita dalam membayar tagihan telepon, listrik, air, internet, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kadang saya tidak hanya belanja camilan tetapi juga bayar tagihan di Alfamart kala weekend tiba. 



5. Olahraga
Biasanya kualitas jalan di komplek perumahan cukup baik sehingga bisa dijadikan track olahraga seperti lari atau bersepeda. Banyak tetangga yang terbilang rajin berolahraga di sekitar komplek perumahan saat weekend karena efisien, murah, dan tidak sepadat Car Free Day di sekitar Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Tentunya olahraga di sekitar rumah lebih menyenangkan karena tidak perlu capek-capek berkendara ke pusat kota atau sports center. Selain hemat energi, juga hemat waktu dan bensin. 

Bagaimana, siap beraktivitas meskipun hanya di rumah weekend ini? 


[SPONSORED POST]

4 comments:

  1. Aku males banget win klo utk sabtu kluar rumah tapi gimana, kadang kan ada acara keluarga yaa. Macetnya ngga tahan.. tapi klo drmh aku jg lakuin ini, order makanan atau jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mba Uci. Kalau ngga ada acara, memang males banget keluar. Udah kebayang macetnya melebihi weekdays.

      Delete
  2. Satu lagi bu, berkebun atau nanem bunga, asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bisa juga berkebun beresin tanaman di halaman :)

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.