Monday, September 19, 2016

Review: KLOOK


Ketika traveling ke Hong Kong pada Juli lalu, saya sangat terbantu oleh Klook. Klook sukses bikin saya menekan budget liburan.

Apa sih Klook? Klook ini semacam deals atraksi wisata dan penunjang kebutuhan berlibur di berbagai negara di Asia, seperti Singapore, Malaysia, Hong Kong, Jepang, Korea, Thailand, Vietnam, China, dan lain-lain.

Saya nggak sengaja menemukan website ini saat browsing ticket box Hong Kong Disneyland Resort. Kok bisa harga tiket Disneyland lebih murah Rp300 ribu dari website resminya? Saya browsing dulu testimoni orang-orang tentang Klook dan hasilnya cukup meyakinkan. Khawatir Klook ini scam.

Saya butuh waktu dua pekan meyakinkan diri membeli tiket atraksi wisata di Hong Kong melalui Klook. Saya bandingkan harganya dengan online ticketing resmi dan hitung exchange rate.

Akhirnya, saya mantap membeli tiket Disneyland, The Peak & Skyline Terrace 428, Ngong Ping cable car, HK sim card, tiket HK Airport Express Train, dan Octopus card melalui Klook.

Semua transaksi dihitung dalam kurs rupiah dan pembayaran dilakukan dengan kartu kredit. Instant confirmation! Email berisi e-ticket atau e-invoice langsung masuk inbox beberapa menit setelah transaksi dilakukan.

E-ticket atau e-invoice ini sebenarnya tidak perlu di-print, cukup diperlihatkan kepada petugas ticketing atraksi kalau sudah install apps Klook. Tetapi, saya memilih mencetak semua bukti transaksi, takutnya smartphone low bat atau tidak dapat wifi, paket data habis dan lain-lain.

Klook selalu mencantumkan petunjuk penukaran tiket atau redeem pada e-ticket atau e-invoice. Sebelum berangkat, urutkan print out dari yang pertama kali harus di-redeem hingga yang terakhir. Saya niat menyimpan semua print out dalam clear file holder.

Begitu mendarat di Hong Kong International Airport, saya keluar melalui exit B arrival area. Saya kecele karena booth redeem Klook ada di lokasi exit A. Ngga perlu panik, cukup jalan ke arah kiri dari exit B lurus terus sampai melihat plang exit A. Booth redeem Klook tepat di depan exit A bersama booth lainnya. Booth Klook bernomor A13.

Tourist Octopus card

Saya menunjukkan print out untuk redeem Tourist Octopus card (berisi credit HKD50) dan SIM card. Prosesnya cepat dan nggak ribet.

Hong Kong Airport Express Train
Untuk redeem tiket HK Airport Express Train, kita naik keretanya aja dulu. Tenang, nggak ada pemeriksaan tiket atau ticket gate. Just hop into the train. Begitu kereta mencapai tujuan kita, ketika itu saya turun di Central, barulah print out tiket ditunjukkan ke bagian Customer Service stasiun, yang berlokasi sebelum exit gate.

Saya hanya perlu memperlihatkan paspor dan petugas CS segera menyerahkan dua tiket HK Airport Express train untuk di-tap di exit gate. Jika memesan return ticket, simpanlah baik-baik tiket tersebut. Jangan hilang karena masih akan digunakan untuk perjalanan naik kereta ke bandara.

Pengalaman saya, ketika pulang saya kembali menyerahkan print out tiket airport express kepada petugas CS. Dia menyebutkan print out invalid karena sudah di-issued. Saya teringat tiket airport express ketika tiba di Hong Kong. Syukurlah saya simpan dengan baik. Hanya drama mencari tiket punya suami karena sempat dikira hilang. Begitu tiket di-tap, entrance gate terbuka. Alhamdulillah!

The Peak Tram Sky Pass
Tiket paket ini termasuk tiket naik tram dan naik ke deck Sky Terrace 248 untuk melihat Hong Kong dari salah satu titik tertinggi secara 360 derajat.

Klook menawarkan beberapa jadwal kunjungan: pukul 12 siang; 2PM, 4PM, 5PM dan 6.15PM. Saya memesan tiket berjadwal pukul 4 sore.

Berbeda dibandingkan dengan proses redeem sebelumnya, kali ini saya harus bertemu dengan guide dari Klook di titik berkumpul exit K Central MTR Station atau di dekat Prince Building.

Tiba di sana, mepet sekali. Saya baru check in hotel pukul 3 sore, langsung meluncur naik MTR dari North Point station ke Central. Sebaiknya tiba 15 menit sebelum jadwal yang dipilih.

Begitu keluar exit K, saya melihat orang-orang berkumpul dan ada yang memegang signage Klook. Saya menyerahkan print out tiket ke cewek berbaju orange-putih dan saya diberikan sticker bertulis Klook.

Guide dari Klook mengumpulkan orang-orang yang telah diberi stiker Klook menjadi dua kelompok: English speaking group dan Mandarin speaking group. Guide saya bernama Renee dengan bahasa Inggris yang fasih dan jelas.

Ternyata, kami harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit menuju lokasi The Peak Tram Terminus. Jalannya menanjak pula. Tiba di sana, antrian pengunjung mengular.

Karena bersama Klook, kami mendapatkan jalur antrian khusus dan prioritas. Saya dan suami menunggu sekitar 20 menit sebelum naik tram. Terbilang cepat dibandingkan beli tiket manual di terminus.

Tiket diberikan petugas ketika masuk entrance gate tram. Tiketnya juga tidak boleh hilang karena merupakan pass untuk ke Sky Terrace 428 dan pulang kembali dengan tram.

Hong Kong Disneyland Resort
Saya print out tiketnya dan tinggal scan barcode di konter ticket redemption center, sisi kanan dari gerbang masuk Disneyland. Tiket asli seukuran name card keluar dari mesinnya.


Ngong Ping 360

Saya tiba di Tung Cung pukul 9 pagi dan antrian tiket cable car belum ramai. Antrian dibedakan menjadi dua jalur: jalur on the spot dan jalur agen atau pre-booked.

Saya mengantri di depan loket tiket yang kosong dan langsung menunjukkan print out tiket. Tiket fisik berbentuk name card digunakan untuk tap entrance gate menuju cable car.

Ketika pulang menjelang pukul 12 siang, antrian pembelian tiket on the spot panjang sekali, mengular! Herannya, jalur antrian agen/pre-booked kosong. Ini orang-orang ngga tahu bisa beli tiket di Klook atau gimana sih? So much win, hehehe.

Jelas saya merekomendasikan siapapun yang akan ke Hong Kong menggunakan jasa Klook. Made my HK travel experience so much easier. Intinya, beli di Klook untuk harga lebih murah dan bebas antri.

Tertarik beli di Klook, yuk gunakan invitation dari saya: https://www.klook.com/invite/1494K


2 comments:

  1. waaaah aku baru tauuuu ^o^.. aku mau coba ntr mbak.. kbetulan mau ke jepang dan korea feb nanti... kali aja bisa nemuin tiket2 everland ato lotte world yg murah... jepang juga bisa kan ya.... tiket universal studio japan ama disney jepang kali ada jg yaa ^o^... makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat banget kak info review nyaa :)
      Oiya kak aku mau tanya dong, apakah masih bisa beli lewat Klook kl aku besok lusa (27Okt2106 malam) udah flight ke hong kong? Apakah transaksi nya mudah dan cepat? atau apakah pembelian via Klook bisa dilakukan di hong kong nya? terimakasihh :)

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.