Friday, March 3, 2017

Piknik Asik bareng Honestbee


Selama ini saya acapkali menghabiskan akhir pekan dengan nonton film di bioskop dan hang out di mall. Rencana berkeliling museum di Jakarta, yang terucap ketika masih pacaran dengan suami, belum kunjung terlaksana. Entah kenapa mall beserta isinya lebih menarik ketimbang museum.

Rencana hang out di musem terwujud pada pekan lalu. Kriya Indonesia bersama Honestbee menggelar Wisata Belanja di Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (26/2). Saya excited sekali karena belum pernah ke Museum Tekstil. 

Minggu pagi saya pergi menuju Museum Tekstil menggunakan Go-Jek. Saya dan driver sama-sama nggak tahu persis lokasi Museum Tekstil sehingga sama-sama menggunakan Waze dan Google Map.

Ketika tiba di sana, saya tercengang karena tidak menyangka ada bangunan tua dengan pepohonan teduh di tengah hiruk-pikuk Tanah Abang. Mirip banget feel-nya dengan Istana Bogor. Teduh dan asri, ibarat oase di tengah gurun.

Acara Wisata Belanja ini diawali dengan sambutan dan product knowledge oleh mas Tony, perwakilan dari Honestbee, aplikasi penyedia layanan groceries. Setiap peserta menerima voucher Honestbee senilai Rp150 ribu untuk belanja hari itu juga. Kami hanya bisa menggunakan voucher senilai Rp75 ribu dan free delivery fee untuk pengantaran ke Museum Tekstil.

Mas Tony dari Honestbee menjelaskan tentang penggunaan apps Honestbee
Penggunaan aplikasi Honestbee sangat mudah seperti belanja online pada umumnya. Hari itu kami akan berbelanja di Transmart Carrefour. Tinggal pilih-pilih barang, check out keranjang belanja virtual, pilih pembayaran Cash on Delivery (COD), konfirmasi, dan siap-siap menunggu barang dikirim. Honestbee membebankan concierge fee sebesar Rp10 ribu untuk servis shop assistant dan kurir.

Setelah menuntaskan pesanan belanja di Honestbee, saya dan peserta piknik diajak berkeliling Museum Tekstil oleh Mis Ari, Satuan Pelaksana Edukasi & Informasi Unit Pengelola Museum Seni (Museum Tekstil, Museum Wayang, dan Museum Keramik) dan volunteer Museum Tekstil dari Italia, Fanny.

Mbak Astri Damayanti dari Kriya Indonesia, Ibu Mis Ari, dan Tiffany
Saat itu, Museum Tekstil sedang memamerkan koleksi batik pesisir. Tak disangka, Tifanny sangat fasih berbahasa Inggris dan menjadi pusat perhatian para peserta. Nggak bosan-bosannya peserta mengabadikan parasnya yang manis dengan jepretan kamera atau smartphone.

"Cara mengenal batik dengan dua kata kunci: teknik (tulis cap dan print) dan motif (pesisir yangg lebih natural mengadopsi flora-fauna dan motif klasik berupa simbol," papar Ibu Mis Ari kepada para peserta Wisata Belanja.

Setelah puas mengelilingi koleksi kain Museum Tekstil, kami pun diajak ke salah satu fasilitas Museum Tekstil, yaitu Galeri Batik yang menyimpan beragam koleksi batif dan peralatan membuat batik.

Jelang waktu makan siang, acara piknik keliling Museum Tekstil dan Galeri Batik, peserta Wisata Belanja diajak menyaksikan demo masak oleh Chef Jun dari @resepdapurayah. Siang itu, Chef Jun memasak dua menu sederhana yang mudah dipraktiikan di rumah, yakni Ayam Rica-Rica dan Puding Srikaya Gula Merah. Dari pengakuan Chef Jun, semua bahan masakan dibeli melalui aplikasi Honestbee.

Masakan Chef Jun diserbu peserta
Kedua masakan ini sukses membuat rasa lapar semakin memuncak. Sadar banget kalau para peserta Wisata Belanja ngiler dengan kreasinya, Chef Jun membagikan Ayam Rica-Rica dan puding kepada semua peserta. Nikmatnya!

Pesanan belanja yang diorder melalui aplikasi Honestbee tiba jelang penghujung acara. Asik banget nggak repot menenteng belanjaan saat keliling museum. Soalnya, waktu pengantaran bisa ditentukan sendiri.

Peserta sibuk mengambil barang pesanan hasil belanja di Honestbee
Acara Wisata Belanja diakhiri dengan foto bersama peserta Wisata Belanja bersama Kriya Indonesia, Ibu Mis Ari dan Tifanny dari Museum Tekstil, dan perwakilan Honestbee. Siapa yang mengira, jalan-jalan ke museum bisa sambil pesan belanja di Honestbee. 







5 comments:

  1. kayaknya seru banget acaranya ya..

    ReplyDelete
  2. wiiiih serunya , jadi suka lihat keseruannya

    ReplyDelete
  3. Asiiik bisa mengenal batik Indonesia trus belajar masak trus belanjaan beresss. BEnar-benar multi-tasking

    ReplyDelete
  4. Wah belanja apa aja mbak dari Honestbee? :D

    ReplyDelete
  5. Belanja, belajar memasak, melihat koleksi batik pasti asyik wisata belanja nya.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.