Thursday, March 23, 2017

Tips Mempercantik Ruang Keluarga


Home sweet home. Siapa yang nggak setuju dengan pepatah ini? Ke mana pun kita pergi, ke rumah lah kita akan kembali. Namun, bagaimana supaya kita merasa kangen rumah karena rasa nyaman dan amannya?

Salah satu bagian rumah yang menciptakan kehangatan pada keluarga adalah ruang keluarga. Ruang keluarga ini umumnya area luas yang lega tempat para anggota keluarga bercengkrama. Bila sehari-hari setiap anggota keluarga sibuk dengan urusannya, ruang keluarga atau meja makan menjadi tempat saling berbagi cerita.

Penataan ruang keluarga juga beragam. Sering kali saya menemukan ruang keluarga itu sebagai lokasi menonton bersama, lengkap dengan sofa empuk, tanpa meja panjang menghalangi alias bagian tengah di hadapan televisi dibiarkan plong.

Saya ingin berbagi tips mempercantik ruang keluarga dengan pernak-pernik gemas supaya terasa lebih nyaman dan bikin betah menghabiskan waktu bersama keluarga. 

1. Pajang foto keluarga atau art print
Pemasangan foto keluarga atau art print akan membuat dinding ruang keluarga tidak membosankan. Foto akan mengingatkan kita akan memori di masa lalu yang menyenangkan. Beragam contoh penataan foto di rumah bertebaran di internet supaya ruang keluarga lebih artistik.

Kita dapat memilih penataan foto atau art print sesuai selera atau preferensi masing-masing. Temanya juga beragam, bisa tema foto black and white, colorful, background putih polos, dan lain-lain.

Art print atau hiasan dinding juga akan membuat ruang keluarga lebih dinamis dan ceria. Kita dapat memilih art print berupa quotes, tulisan Allah dan Muhammad (bagi yang muslim dengan sentuhan lebih nyeni) atau objek favorit, misalnya flamingo atau pelangi.

2. Rak buku
Salah satu inspirasi saya dalam menata ruang keluarga adalah ruang keluarga Andra Alodita. Rak buku yang dirapatkan ke dinding berhasil mempercantik sudut ruang keluarganya dan menjadi background foto yang ciamik. 

Tidak hanya sekadar sebagai tempat penyimpan koleksi buku, rak buku yang tinggi menjulang ataupun yang berkuran sedang bisa memberikan aksen tersendiri pada ruang keluarga. Kita nggak perlu repot keluar-masuk kamar jika ingin membaca buku. Tinggal selonjoran atau duduk manis di atas sofa membaca buku favorit.

3. Memasang karpet
Bercengkrama dengan keluarga tidak melulu harus duduk di sofa atau kursi makan. Duduk ngariung di lantai yang sudah beralaskan karpet tentu juga nggak kalah rileks. Apalagi duduk santai di lantai juga memberikan kesan ruangan yang lebih lapang dan menampung lebih banyak orang. 

Siapa sih yang nggak pernah mengadakan arisan di rumah? Tentu keberadaan karpet mutlak dibutuhkan di rumah sebagai alas duduk sekaligus mempercantik rumah. Beragam pilihan karpet dari material dan ukuran bisa dijadikan pilihan melengkapi ruang keluarga. Salah satu model karpet yang lagi hits adalah karpet bulu cendol atau karpet Chenille.

Karpet ini dijuluki karpet cendol karena teksturnya menyerupai cendol yang biasa dikonsumsi sebagai pelepas dahaga. Harga karpet bulu cendol juga variatif, tergantung pada ukurannya.

4. Tambahkan bantal-bantal (cushions)
Keberadaan bantal-bantal, baik berupa cushions atau throw pillow, akan menambah kenyamanan di ruang keluarga. Coba, nikmat mana yang kau dustakan saat bisa selonjoran di karpet di antara tumpukan bantal sambil menonton TV.

Pemilihan cushion cover turut berpengaruh pada suasana. Pilihlah motif yang sesuai dengan selera atau dipadukan dengan warna sofa atau karpet di ruang keluarga.

5. Segarkan pandangan dengan tanaman hias
Tanaman hias selalu berhasil mempercantik sudut apapun di rumah kita. Sebaiknya, pilih tanaman hidup berupa dedaunan hijau dibandingkan yang berbunga. Kalau berbunga, layu, dan rontok, ribet juga kan mesti sering-sering membersihkan rumah.

Tanaman hijau yang sedang digandrungi sebagai pemanis ruangan keluarga adalah monstera (Monstera deliciosa), sirih gading, heart leaf (daun berbentuk hati Philodendron), golden photos, atau succulent. Selain itu, tanaman hijau ini juga mendukung penciptaan udara segar di rumah.

Siap mempercantik ruangan keluarga kamu?
*Cover image source here.


No comments:

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.