Friday, June 12, 2015

Review: Ngojek Asik GO-JEK & GrabBike


Ojek udah jadi kebutuhan jika beraktivitas di Ibukota, terutama kalau in a rush dan mendadak. Cuma part tidak menyenangkan kalau ngojek itu adalah tawar-menawar dengan abang ojeknya. 

Abang ojek sekitar CBD Sudirman-Thamrin-Kuningan itu pricey, harganya di atas rata-rata ojek pinggiran atau sekitar komplek perumahaan. Saat masih tinggal di Benhil, saya bayar ongkos ojek PP Rp20 ribu untuk rute The City Tower, Bundaran HI ke rusun Benhil. 

Sejak tinggal di Ciledug, saya cukup membayar setengahnya dari Jl. Inpres menuju rumah. Bahkan, kata mertua saya dikasih Rp7 ribu juga mau. Cuma saya nggak mau ribet dengan uang receh atau kembalian.

GO-JEK
Berkat social media, saya kenal dua aplikasi yang mengelola jasa ojek, yakni GO-JEK dan GrabBike. Awalnya saya install GO-JEK gara-gara postingan blog teman saya, Icha. Saya bahkan pakai referral code dia untuk free credit GO-JEK Rp50 ribu.

Saya akhirnya coba pakai GO-JEK berminggu-minggu setelahnya. Saya perlu ke Senayan City dari Sevel Teluk Betung saat rush hour pukul 5 sore. Saya perlu menunggu abang GO-JEK hampir setengah jam karena dia terjebak macet di Tanah Abang. Padahal di sekitar Sevel, beberapa abang GO-JEK nongkrong cuma tidak berkenan mengambil order saya. 

Tarif ojek dikenai Rp33 ribu dan otomatis terpotong dari credit GO-JEK. Saya memilih opsi credit ketimbang bayar tunai. Saat abangnya tiba, saya sempat menanyai dia, apa dia ojek yang menunggu saya. Abang GO-JEK mudah diidentifikasi dengan helm warna hijau-hitam dan jaket serupa. Dia tidak menawari masker dan hair cap, tapi buat saya ngga masalah sih.

Terhitung saya sudah tiga kali enam kali menggunakan jasa GO-JEK untuk mobilitas sekitar CBD, yang kalau naik busway masih perlu jalan kaki.

PROs:
- Tarif ojeknya terjangkau, tarif terendah Rp25 ribu
- Punya empat layanan: kurir, transport, GO-FOOD, dan shopping
- So far abang ojeknya riding safely, ramah, tahu jalan-jalan tikus bebas macet
- Sekitaran CBD, banyak abang ojeknya
- Cashless! GO-JEK menerima pembayaran tunai dan credit, yang di-topup macam e-money
- Abang ojek dilengkapi identitas nama dan foto
- Free credit buat first time user. Input kode referral saya ya: 542585643

CONs:
- GPS kurang akurat, kadang saya perlu menggeser sendiri kursor GPS karena GPS lama sekali menemukan lokasi yang saya tuju
- Kadang perlu lama menunggu notifikasi driver yang menerima orderan
- Abang GO-JEK ada yang ngga pake foto di notifikasi, ngga ada info nomor plat motor juga
- Rush hour (16.00-18.00) tarif minimal Rp35 ribu

GrabBike
Mengekor kesuksesan GO-JEK, GrabTaxi pun meluncurkan lini bisnis GrabBike yang 
operasionalnya persis seperti GO-JEK. Bahkan kemiripan sampai ke signature logo and colors: hijau-hitam. 

GrabBike hadir dengan promo ngga tanggung-tanggung, gratis ngojek dari sekitar Setiabudi dan Kuningan! Saya pun memanfaatkan promo gratis ini saat berkunjung ke kantor majalah CLEO di Kuningan, berangkatnya pake GO-JEK, pulangnya gratis pakai GrabBike.

Kualitasnya sama dengan GO-JEK. Abangnya berjaket dan berhelm logo GrabBike. Namanya ngojek tetapi beda company aja.

Begitu masa gratisan selesai, GrabBike kembali promo goceng ke manapun. Cukup bayar Rp5 ribu untuk ke seluruh penjuru Jakarta. Tetapi, saya nggak tega bayar goceng ke abang ojek, jadilah saya bayar Rp10 ribu-Rp15 ribu tergantung jarak dan manner abangnya.

Saat ini, promo GrabBike goceng masih berlaku hingga 17 Juni mendatang. GO-JEK pun ngga mau kalah dengan kasih flat rate semua layanan Rp10 ribu, ngojek ke tujuan maksimal 25KM.

PROs:
- GPS sangat akurat, begitu presisi dan cepat loading-nya
- Abang GrabBike juga mulai banyak beredar di CBD
- Bisa kasih tips ke abang ojek
- Suka kasih promo
- Abang GrabBike dilengkapi identitas nama, foto, dan nomor plat motor

CONs:
- Bayarnya cash
- Tarifnya lebih mahal, di atas GO-JEK
- Hanya service transport

Kedua aplikasi ini sangat berguna dan bisa di-download via iOs dan Android. Saya mendukung bisnis transportasi yang memudahkan mobilitas orang-orang.

No comments:

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.