Monday, August 13, 2018

Kosmetik Vegan dan Cruelty Free M.O.B Cosmetic


Banyak brand kosmetik lokal bermunculan dalam dua-tiga tahun belakangan tetapi tidak banyak yang menonjolkan label vegan dan cruelty free. Salah satu brand kosmetik lokal yang menghadirkan label ini adalah M.O.B Cosmetic.

PT MOB Anggun Kosmetika (Matter of Beauty/M.O.B Cosmetic) merupakan perusahaan kosmetik lokal yang berdiri sejak 2016. Selalu mempercayai setiap orang memiliki keunikan tersendiri, M.O.B Cosmetic memiliki visi untuk percaya diri dan meningkatkan kreativitas setiap orang dalam penampilannya.

Kenapa label vegan dan cruelty free yang menjadi keunggulan M.O.B Cosmetic? Dari penelusuran saya, kosmetik vegan artinya kandungannya tidak menggunakan bahan-bahan dasar yang bersumber dari hewan, seperti beeswax, susu, madu, lanolin, atau kolagen. Adapun cruelty free artinya produk tersebut tidak diujicobakan atau hingga menyiksa hewan dalam prosesnya. Kedua logo ini tercantum jelas pada kemasan M.O.B Cosmetic.

Berkat Clozette Indonesia dan M.O.B Cosmetic, saya berkesempatan mencoba beberapa produk vegan dan cruelty free yang menjadi unggulan, seperti Fix & Set Lip Primer, Ulti-Matte Lip Creme, Metallized Lip Stain, Pro Brow Sculptor, dan Luxury Faux Lashes. Saya akan mengulas produk lips dan eyebrow M.O.B Cosmetic.


Fix & Set Lip Primer
Claim:
Provide moisture and hydration, cover lip lines, smoothens and refines the lips, avoid feathering, enhances, and protects lip colors.

Ingredients:
Isododecane, Ethylhexyl Palmitate, Ozokerite, Polybutene, Ceresin, Polyethylene, Octydodecyl Stearoyl Stearate, Phenoxyethanol, Flavour, Tocopheryl Acetate, BHT, Bisabolol.

How to Use:
Aplikasikan pada bibir secara merata sebelum memakai lipstick.


Packaging:
Fix & Set Lip Primer dikemas menggunakan box kertas bernuansa gradasi ungu muda. Tulisannya dicetak dengan tinta rose gold. Selain kemasan box, M.O.B Cosmetic lip primer ini memiliki bentuk seperti lipstick batangan yang ramping. Kandungannya hanya 2 gram. Kemasan lip primer ini berwarna rose gold dengan tulisan warna senada namun lebih mengkilat. Tutupnya terbilang kokoh, mampu menutup dengan rapat dan ngga mudah lepas.

Texture, Color, Scent:
Fix & Set Lip Primer berbentuk seperti lip balm dengan stick berwarna putih. Teksturnya lembut, seperti mengoleskan lip balm ke permukaan bibir, dan tidak ada aroma menyengat yang tercium meskipun ada kandungan flavour. Ketika dipoleskan ke bibir, permukaan bibir terlihat lebih lembab dan matte, bukan shiny atau berminyak seperti efek memakai lip balm pada umumnya.


Ulti-Matte Lip Creme in Head Turner
Claim:
Be in the crowd and turns head this summer with Head Tuner. The pretty purplish pink color makes you noticeable even with only one swipe. Always be playful with the colors on your lips. 

Ingredients:
Isododecane, Nulon-12, Cyclomethicone, Trimethysiloxysilicate, Titanium Dioxide, Polyethylene, Dextrin Palmitate / Ethylhexanoate, Phystosteryl/Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Phenoxyethanol, Silica Dimethyl Silylate, Fragrance, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Tcopheryl Acetate, BHT, Bisabolol.
May contain: CI 12085, CI 1580:1, CI 19140, CI 45380, CI 454510, CI 45430:1, CI 73015, CI 77491, CI 77492, CI 77499.


Packaging:
M.O.B Cosmetic Ulti-Matte Lip Creme memiliki kemasan box kertas berwarna gradasi pink muda-ungu. Kemasan yang baru memiliki segel di bagian atas, sesuai dengan warna lipstick dan mencantumkan nama shade. Informasi produk, logo vegan dan cruelty free, expiry date, dan formula tercantum dengan jelas pada kemasan box kertas. 

Ulti-Matte Lip Creme dikemas dalam tube yang dimiliki liquid lipstick pada umumnya, berwarna transparan sehingga warna lipstick terlihat jelas. Tutupnya berwarna rose gold dengan logo M.O.B Cosmetic pada ujung tutup tube. Aplikatornya berupa doe-foot sehingga nyaman diaplikasikan ke permukaan bibir.


Texture, Color, Scent:
M.O.B Cosmetic Ulti-Matte Lip Creme mempunyai teksturnya yang thick namun creamy. Sekali poles, warnanya yang pink fuschia pigmented dan mampu menutupi area kehitaman pada inner lips. Hasil akhirnya adalah dead matte dan cepat sekali kering. Nggak perlu waktu lama untuk nge-set menjadi matte. Oleh karena ada kandungan fragrance, akan tercium wangi floral yang kuat ketika lip creme ini diaplikasikan. 


Metallized Lip Stain in Zouk
Claim:
For you who want to look sophisticated but glamorous at the same time, Zouk is just the perfect fit for you. Our warm brown tone will definitely suits you for any occasions. Be it work time or glam time, Zouk is surely gives that "Ooh, so nice" look from the crowd. 


Packaging:
Seperti produk Ulti-Matte Lip Creme, Metallized Lip Stain juga memiliki box kardus yang bernuansa metalik. Shade Zouk punya box kertas berwarna bronze dengan nama shade tercetak besar di salah satu sisi. Terdapat dua stiker yang menempel di kedua sisi atas-bawah penutup box kertas. Informasi formula, logo halal, vegan, dan cruelty free, dan expiry date terdapat pada kemasan box. 

Metallized Lip Stain juga mempunyai tube serupa dengan Ulti-Matte Lip Creme, tube transparan dengan tutup berwarna rose gold. Bedanya, cairan lipstick berwarna bronze dengan hint gold. Aplikator lip staim berupa doe-foot yang nyaman digunakan dan meratakan lip stain dengan baik.


Texture, Color, Scent:
Tekstur Metallized Lip Stain sedikit berbeda dibandingkan dengan Ulti-Matte Lip Creme. Metallized Lip Stain lebih creamy dan light ketika diratakan ke permukaan bibir. Meskipun ada micro glitter berwarna gold, tidak menambah "beratnya" tekstur lip stain ini. Warnanya juga pigmented, mampu menutupi area kehitaman pada bibir dan melembapkan. Informasi formual mencantumkan adanya fragrance tetapi saya tidak mencium wangi apapun ketika lip stain diaplikasikan.


Pro Brow Sculptor
Claim:
Stone is a very presentable greyish color. It fits well for your brow to make them look fuller and darker. Think of the color of stone, and there you go, grey brow for your look.

Ingredients:
Hydrogenated palm kernel oil, Polyethylene, Synthetic Japan Wax, Boron Nitride, Caprylic/Capric Triglyceride, Quaternium-18 Bentonite, VP/Eicosene Copolymer, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol.
May contain: Black Iron, Titanium Dioxide, Ferric Ferrocyanide


Packaging:
M.O.B Cosmetic juga memberikan box kertas untuk produk eyebrow pencil. Box kertasnya panjang dan ramping, melindungi eyebrow pencil di dalamnya. Terdapat stiker transparan yang menutupi kedua sisi atas-bawah box kertas. Informasi formula, logo vegan dan cruelty free, dan expiry date terdapat pada kemasan box. 

Pro Brow Sculptor merupakan eyebrow pencil dengan tampilan modern, sudah dilengkapi dengan spoolie di salah satu sisi, dan tinggal diputar atau tidak perlu diraut. Ada petunjuk untuk bagian spoolie dan eyebrow pencil sehingga tutup keduanya tidak akan tertukar. Pro Brow Sculptor berbentuk panjang dan ramping, berwarna rose gold khas M.O.B Cosmetic, terbilang lebih panjang daripada eyebrow pencil di pasaran. Spoolie-nya lembut, tidak kaku/keras, enak digunakan ketika menyikat alis.


Texture, Color, Scent:
Permukaan Pro Brow Sculptor yang berbentuk setiga ini empuk, sekali pulas shade Stone yang cenderung berwarna abu-abu ini langsung keluar. Nggak sulit untuk mengatur tebal-tipis pensil ketika diaplikasikan pada alis. Karena ngga ada kandungan fragrance, jadi ngga tercium wangi apapun.


Luxury Faux Lashes Glam Series in Ballerina 
Claim:
Strike a pose with our oh-so-wispy Ballerina lashes. The softness of the hair makes 'em look so natural, they all wanna be like you. The band is thin and flexible, allowing you to wear them with comfort and style.

Our lashes are carefully designed and handcrafted with love and passion. We use 100% cruelty- free and highest grade of synthetic hair, making them ultra-soft, very natural looking, lightweight and durable. We create our lashes to flatter almost every eye shape and to accentuate your beauty.

Measurements:
Band length: 32mm
Lash length: 8mm (inner), 15mm (middle), 14mm (outer)

Packaging:
Produk M.O.B Cosmetic Luxury Faux Lashes Glam Series memiliki kotak penyimpanan berwarna hijau tosca. Faux lashes terlihat dengan jelas melalui area transparan pada kotak kemasan. Informasi cara pemasangan dan pelepasan faux lashes terpampang pada kemasannya. Faux lashes yang baru disegel dengan stiker transparan di kedua sisinya ya.

Price:
Fix & Set Lip Primer  Rp88 ribu untuk 2 gram
Ulti-matte Lip Crème Rp128 ribu untuk 4,5 ml
Metallized Lip Stain Rp148 ribu untuk 4,5 ml
Luxury Faux Lashes Rp48 ribu
Pro-Brow Sculptor Rp98 ribu untuk 0,35 gram

Where to Buy:
M.O.B Cosmetic official website, Shopee, Blibli,


FINAL THOUGHTS:
Dari semua produk kosmetik vegan dan cruelty from M.O.B Cosmetic yang saya coba, saya suka banget dengan Fix & Set Lip Primer dan Pro Brow Sculptor. Lip primer-nya beneran beda dibandingkan dengan penggunaan lip balm biasa, terutama untuk yang sering memakai matte liquid lipstick. Permukaan bibir lebih smooth, liquid lipstick menempel lebih baik, lipstick lebih tahan lama, dan bibir tetap terasa lembap. 

Adapun, Pro Brow Sculptor unggul sekali dengan spoolie yang lembut dan shade Stone yang keabu-abuan natural. Enak banget mengisi alis dengan eyebrow pencil seperti ini, pensil alisnya juga terbilang awet dan nggak mudah luntur ketika terkena keringat atau air. Apalagi packaging yang slim dan sleek menjadi nilai tambah untuk eyebrow pencil-spoolie ini.

Ulti-Matte Lip Creme shade Head Turner merupakan matte liquid lipstick berwarna pink fushcia bahkan cenderung orchid. Saya mengaplikasikan tipis-tipis saja dan langsung diratakan dengan jari. 


Warnanya pigmented, dead matte, cepat kering namun nggak bikin bibir terasa kering juga. Lightweight, transfer free, dan cukup long lasting. Oleh karena dead matte finish, gunakan makeup remover berbasis minyak untuk membersihkan lip creme hingga tuntas.

Berbeda dengan Ulti-Matte Lip Creme, Metallized Lip Stain sudah mengantongi sertifikasi halal MUI. Selain itu, teksturnya lebih ringan dan creamy. Saya mencoba mengaplikasikannya Metallized Lip Stain sebagai cream blush and it worked! 

Jangan terkecoh dengan embel-embel "lip stain" karena Metallized Lip Stain ini bukan seperti lip tint atau lip stain yang meninggalkan noda pada permukaan bibir, melainkan liquid lipstick metalik sehingga nggak susah membersihkannya.

Overall, M.O.B Cosmetic jelas unggul dibandingkan dengan brand kosmetik lokal lainnya karena label vegan dan cruelty free. Harganya bersaing namun beauty enthusiasts perlu aware dengan dua keunggulan M.O.B. Cosmetic ini yang belum banyak dimiliki brand kosmetik lainnya.

M.O.B Cosmetic
Facebook: MOB Cosmetic
Instagram: @mobcosmetic


8 comments:

  1. penasaran sama alisnya... aq lagi nyari alis nih mbak edwina yang mudah di aplikasikan..

    ReplyDelete
  2. Favorit banget brow sculptore dan lip primernya...bener bener baguss

    ReplyDelete
  3. OMG fix aku mupeng bgt sama eyebrow pencilnya mbak

    ReplyDelete
  4. Metallized Lip Stainnya menggoda banget, pengen aku cium sini di bibir. Biar nemplok, bagus pisan....

    ReplyDelete
  5. Metallized Lip Stain warna zauknya cantik bgt. Btw, soal cruelty free, seharusnya Indonesia regulasinya tidak perlu ujicoba pd hewan lg sih, setahu aku cina adalah negara yg pemerintahnya mewajibkan produk komestiknya pd hwn, jd mnrtku ga terlalu concern sih utk produk indonesia kl itk mslh crueltyfree. Kl utk vegan, aku sih lebih impress kl mob sekalian saja melabelkan produknya halal.just my opinion sih. :)

    Unextraordinarybeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Lilian. Dari semua produk MOB Cosmetic yang di-review, baru Metallized Lip Stain yang bersertifikasi halal. Semoga ke depannya, semua produk kosmetik MOB juga berlogo halal.

      Delete
  6. Aku sukaaa liat wrn yg fuschia nyaaa. Kliatan banget pigmentednya.. Jd tertarik mau beli mba. Kalo yg rada emas, walopun aku suka , tp sepertinya ga cocok ama aku :D. Wrna2 gelap gitu bikin aku kliatan ga fresh. Kalo di aku yaa...

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.