Thursday, September 21, 2017

5 Alasan Belanja di MatahariMall.com


Seiring dengan menjamurnya e-commerce baik lokal maupun asing, hal ini menandakan semakin bertambah jumlah pengguna aktif internet yang melakukan aktivitas belanja secara online. Menurut survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), sekitar 132,7 juta orang Indonesia telah terkoneksi dengan internet sepanjang 2016.

Melihat potensi pasar yang besar, nggak heran e-commerce berlomba-lomba menawarkan produk dan pelayanan unggulan, salah satunya adalah e-commerce lokal MatahariMall.com, yang lebih dulu dikenal dengan department store offline-nya oleh masyarakat di Indonesia.

MatahariMall berdiri sejak akhir 2015 dan berada di bawah naungan Lippo Group, yang memang populer sebagai perusahaan retail ternama di Indonesia dengan bisnisnya Matahari Department Store, Hypermart, dan toko buku Books& Beyond.

(Baca: Online Shopping 101)

Saya sering berbelanja online di MatahariMall, dari pakaian, peralatan elektronik, camilan, body care, hingga buku bacaan. Tentu penasaran dong, apa sih yang membedakan MatahariMall dibandingkan dengan e-commerce sejenis sehingga saya memutuskan belanja di sini?

Menurut saya, ada lima alasan belanja di MatahariMall yang patut dipertimbangkan dan membuat MatahariMall lebih unggul dibandingkan dengan e-commerce lain.

1. Menyediakan beragam kebutuhan
Dari survei Total Retail 2017 yang dilakukan oleh PriceWaterhouse Cooper, sebanyak 60% responden memilih belanja buku secara online, 43% membeli gadget dan peralatan elektronik secara online sedangkan 28% responden membeli hampir semua pakaian dan footwear secara online.

Semua kebutuhan tersebut bisa diperoleh di MatahariMall. MatahariMall memiliki ratusan ribu produk dengan harga terbaik dari segala kebutuhan, mulai dari fashion pria dan wanita, kesehatan & kecantikan, smartphone & tablet, laptop, gadget, peralatan elektronik, lifestyle, hobi, keperluan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Bahkan saya membeli novel China Rich Girlfriend karya Kevin Kwan melalui MatahariMall. Kok bisa? Lah iya karena MatahariMall terkoneksi dengan Books & Beyond yang sama-sama berada di bawah Lippo Group. Persis seperti mall konvensional yang menyediakan semua kebutuhan.

2. Free ongkir dan punya O2O
Salah satu pertimbangan saya ketika belanja online adalah biaya pengiriman. Saya cenderung memilih e-commerce yang memberikan fasilitas pembebasan biaya pengiriman alias free ongkos kirim (ongkir). Alasannya supaya lebih hemat dong!

MatahariMall menjawab keinginan saya tersebut dengan menyediakan free ongkir untuk setiap pembelian produk. Namun, ada ketentuannya nih. Free ongkir berlaku hingga Rp15 ribu untuk belanja minimal Rp100 ribu.

Selain itu, MatahariMall merupakan satu-satunya e-commerce yang menerapkan sistem belanja O2O (Online to Offline dan Offline to Online). Sistem O2O ini memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil, dan mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

(Baca: Why Online Shopping?)

Nggak hanya di Matahari Department Store, MatahariMall juga memiliki Kios MatahariMall yang berada di berbagai lokasi, seperti di mall dan pusat perbelanjaan lainnya. Tetapi, yang paling menarik adalah E-locker, loker penyimpanan barang pesanan pelanggan yang terletak di berbagai lokasi.

Pelanggan yang memilih pengiriman E-locker, akan menerima kode pin untuk membuka loker di lokasi yang sudah ditentukan melalui SMS ke nomor handphone yang didaftarkan. Khusus E-locker, hanya berlaku pada metode pembayaran transfer bank dan kartu kredit.

3. Adanya panduan ukuran dan menerima penukaran barang
Salah satu alasan yang bikin orang ragu berbelanja pakaian secara online adalah takut salah ukuran dan khawatir tidak bisa ditukarkan. Nah, jika belanja pakaian atau sepatu di MatahariMall, nggak perlu takut mengalami kejadian tersebut. Soalnya, MatahariMall menyediakan panduan ukuran (size guide) yang akurat.

Sekalipun sudah menyamakan ukuran dengan size guide MatahariMall dan ternyata masih tidak sesuai (kebesaran atau kekecilan), produknya bisa ditukarkan dengan ukuran lain, produk berbeda atau di-refund (pengembalian uang).

(Baca: Tips Belanja Barang Preloved)

Saya pernah membeli atasan di MatahariMall dan ternyata kekecilan. Saya mengembalikan pakaian tersebut dalam kondisi baru dan tag label masih terpasang. Pakaian yang dikembalikan diambil oleh kurir MatahariMall dengan perjanjian. Saya minta refund karena ukuran lain yang lebih besar tidak tersedia. Pihak MatahariMall memproses pengembalian uang tidak sampai sepekan.

4. Banyak diskon dan promo
Pasti ini yang selalu disenangi semua orang! Siapa yang nggak kepengen bisa membeli produk incaran dengan harga miring setelah diskon atau promo? MatahariMall terbilang rajin menggelar diskon dan promo untuk memanjakan para pelanggan setianya.

Diskon yang diberikan juga nggak pelit bahkan harganya bisa di bawah harga toko offline. Belum lagi promo diskon tambahan dengan kode voucher yang bertebaran di mana-mana. Senang sekali bisa belanja online dengan hemat di MatahariMall.

5. Layanan pelanggan yang baik
Mau bertanya pengiriman, ketersediaan produk, atau cara pembayaran di MatahariMall? Layanan pelanggan MatahariMall siap melayani setiap pelanggan yang membutuhkan bantuan. Tim layanan pelanggan ini bisa dihubungi melalui telepon, email, dan media sosial MatahariMall.

Canggihnya lagi, tim layanan pelanggan juga melayani live chat. Jadi, bisa langsung chat saat sedang browsing belanjaan di https://www.mataharimall.com/. Respon cepat segera didapat.


6 comments:

  1. nah, panduan ukuran itu penting banget soalnya suka kecewa sama masalah yg satu ini. apalagi kl online....

    ReplyDelete
  2. Aku juga senang belanja online yang ada free ongkirnya, jadi lebih hemat ya. Tambah murmer kalo ada promonya haha.

    ReplyDelete
  3. Kalau mataharimall ini barangnya dikirim pake apa ya kak? Dri dulu pengen cobain banyak diskonnya soalnya hehehe

    www.akpertiwi.com

    ReplyDelete
  4. wiii, aku juga sering belanja di MM nih, lengkapp...

    ReplyDelete
  5. Winaa, aku seneng cepet blanja di MM. .
    Beberapa kali aku beli. Kadang utk kado nikahan jugaaaa

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.