Friday, September 29, 2017

7 Fitur Unggulan Suzuki Ignis untuk Kaum Millenials



Sebagian orang mampu membeli mobil untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Tetapi, apa semua pengemudi mobil ini, terutama kaum millenials memahami dan mengetahui tentang keselamatan dalam berkendara (safety driving)? Belum tentu lho!

Fakta mencengangkan terungkap dari survei yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales, ATPM yang memasarkan Suzuki Ignis, kepada 200 responden berusia 16-23 tahun dan tinggal di DKI Jakarta. Suzuki bertujuan ingin mengetahui kebiasaan para millenials dalam berkendara dan pemahaman mereka tentang safety driving.

Saya mengetahui pemaparan hasil survei Suzuki ini pada acara Suzuki Blogger Gathering: Millenials' Driving Behaviour yang diselenggarakan di restoran The Hook, Jl. Cikatomas, Jakarta Selatan pada Sabtu (16/9) lalu. Acara ini menghadirkan dua narasumber dari Suzuki dan seorang safety driving coach.




Dari hasil survei yang dilakukan Suzuki, sebanyak 23% responden pernah mengalami kecelakaan saat berkendara di mana 10% disebabkan oleh menyetir dengan kecepatan tinggi dan 7% karena tertabrak dari belakang. Selain itu, ada sejumlah gangguan yang memicu pengemudi tidak berkonsentrasi penuh saat berkendara.

Hasil survei juga diperkuat dari data Polri pada 2003 bahwa sebanyak lebih dari 50% kecelakaan lalu lintas terjadi pada pengemudi rentang usia 16-30 tahun. Sony S, safety driving coach, mengungkapkan para millenials cenderung ceroboh dalam berkendara karena beragam distraksi dan kurangnya wawasan safety driving.

Acara ini turut memperkenalkan mobil keluaran terbaru Suzuki Ignis, yang disebut sebagai The New Breed of Urban SUV. Suzuki Ignis ini memiliki fitur yang sesuai kebutuhan kaum millenials, terlebih kebutuhan keamanan dan keselamatan.

"Suzuki Ignis menempatkan diri sebagai sahabat berkendara bagi para millenials. Dari segi desain, Suzuki Ignis dibuat sporty, ringan, gesit, dan cocok dengan anak muda maupun fitur keamanan yang menjadi keunggulan Suzuki Ignis. Kami berharap para millenials dapat mengoptimalkan fitur-fitur keamanannya agar dapat berkendara dengan selamat sekaligus tampil gaya di jalanan," papar Head of Brand Development & Marketing Research Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel.


Berdasarkan hasil survei tersebut, Suzuki Ignis sebagai sahabat berkendara millenials menghadirkan aneka fitur keamanan dan keselamatan yang sesuai dengan karakter berkendaraan kaum millenials. Berikut saya paparkan tujuh fitur utama Suzuki Ignis sebagai partner berkendaraan yang aman dan gaya untuk kaum millenials:

1. Fitur Pretensioner dan Force Limiter
Suzuki Ignis memiliki fitur Pretensioner dan Force Limiter pada sabuk keselamatan. Fitur ini akan bekerja secara instant menarik atau mengencangkan tali sabuk pengaman saat terdeteksi adanya potensi benturan dari depan dan menjaga penumpang pada posisi duduk yang aman.

2. Dual SRS Airbag
Oleh karena sebanyak 89% responden yang pernah kecelakaan mengalami cedera pada kepala, Suzuki Ignis memiliki fitur Dual SRS Airbag yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang depan dari benturan dan mengurangi cedera pada bagian kepala saat terjadi tabrakan.

3. Anti-lock Braking System
Nggak hanya Dual SRS Airbag, Suzuki Ignis juga menerapkan Anti-lock Braking System, fitur keselamatan yang berfungsi sebagai sistem pengereman yang ditujukan untuk menghindari terjadinya roda mengunci saat melakukan hard braking. Jadi, mobil yang dipaksa mengerem mendadak, masih bisa dikontrol untuk melakukan manuver menghindar. Ini yang membedakan sistem pengereman Suzuki Ignis dibandingkan dengan mobil lainnya yang cenderung menjadi susah dikendalikan.

Selain itu, ada Electronic Brakeforce Distribution dan Brake Assist yang membuat pengemudi lebih percaya diri dan aman ketika melakukan pengereman mendadak guna menghindari situasi di depannya.




4. Electronic Power Steering
Fitur Electronic Power Steering ini membuat kemudi Suzuki Ignis lebih nyaman karena ringan dan presisi. Keberadaan fitur ini menjawab kebutuhan millenials yang merasa tidak nyaman saat harus menghindari sesuatu di jalan raya karena kemudinya terasa berat.

5. Isofix
Saat ini, belum banyak mobil yang dipasarkan di Indonesia memiliki International Standards Organization FIX (Isofix), yang berfungsi mengaitkan kursi bayi di jok mobil. Adapun, otoritas Eropa sudah menerapkan standar keselamatan ini sejak 2007. Suzuki Ignis memiliki Isofix yang telah terintegrasi dengan jok penumpang belakang sehingga keluarga muda yang memiliki bayi bisa memanfaatkan fitur ini.

6. Immobilizer
Fitur Immobilizer pada Suzuki Ignis hadir untuk meminimalisasi terjadinya pencurian mobil. Immobilizer akan menangkap sinyal dari kunci asli sehingga mobil tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli. Penting sekali untuk keamanan mobil sendiri.

7. Total Effective Control Technology
Struktur body Total Effective Control Technology pada Suzuki Ignis dapat meminimalisasi dampak benturan apabila terjadi tabrakan. Tampilan Suzuki Ignis yang sporty dan gaya yang sesuai dengan selera kaum millenials namun tetap mampu memberikan kenyamanan saat melewati jalan dengan permukaan yang tidak rata.

Dengan tujuh fitur keamanan dan keselamatan ini, Suzuki Ignis menjawab kebutuhan para pengemudi millenials berdasarkan karakter mereka dalam mengemudi. Nggak hanya dukungan fitur kendaraan yang canggih, pengemudi juga harus memiliki wawasan safety driving supaya aman dan nyaman saat berkendara. 





5 comments:

  1. Suzuki itu brand kesayangan keluarga
    dari sepeda motor sampai mobil :)

    ReplyDelete
  2. Motor dan mobil saya juga suzuki😄 #komen gak penting😣

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen beli. Sepertinya pas dan cocok pula buat diri saya. Aman, airbagnya ini lo, menggugah selera.

    ReplyDelete
  4. Pernah ikut test drive nya. IGNIS memang keren :)

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.