Friday, June 2, 2017

Permudah Belanja Bulanan dengan HappyFresh


Seiring dengan menjamurnya bisnis berbasis online, hidup pun terasa lebih mudah. Salah satunya, aplikasi online grocery delivery yang membuat saya nggak perlu repot belanja kebutuhan rumah.

Saya berkenalan dengan HappyFresh pada acara Happy Meet Up yang diselenggarakan oleh Happy Fresh dan Kumpulan Emak Blogger. Ternyata, HappyFresh sudah beroperasi di Indonesia selama dua tahun. Sebelumnya, HappyFresh lebih dulu mengembangkan sayap di Malaysia dan Thailand.

Berkat sharing financial expert Prita Ghozie bahwa belanja grocery online merupakan salah satu kiat cerdas mengelola keuangan selama bulan Ramadan. Saya tertarik mencoba belanja bulanan dengan HappyFresh. Pas banget saya belum sempat berbelanja kebutuhan untuk puasa.

(Baca: Happy Meet Up dengan HappyFresh x KEB)

Cara menggunakan aplikasi HappyFresh mudah banget. Pertama, download dulu aplikasinya melalui iOs atau Google Store, tentu harus sign in juga sebagai member.

Berikutnya, tentukan lokasi pengantaran pesanan. Lokasi pengantaran ini yang akan memberikan informasi hypermarket mitra HappyFresh terdekat. Kita tinggal memilih ingin belanja di mitra HappyFresh yang mana. 

Saat ini, mitra hypermarket Happy Fresh: Super Indo, Lotte Supermarket, Farmer's Market, LOKA Supermarket, Javara, Red & White, Lotte Mart, Grand Lucky, Transmart, Carrefour, dan Groovy Pet Shop.



Selanjutnya, tinggal pilih barang belanjaan. Kita bisa menggunakan fitur search atau pilih sesuai kategori. Kalau semua barang yang dicari sudah masuk cart, bisa langsung checkout. Nah, pada sesi checkout, ada tiga opsi jika barang belanjaan tidak tersedia: pilih barang pengganti, minta personal shopper menghubungi kita, atau tidak pilih barang pengganti.

Setelah itu, tentukan jadwal pengiriman yang ternyata bisa dipilih hingga lima hari ke depan. Kemudian, pilih metode pembayaran: kartu kredit atau bayar tunai di tempat (cash on delivery).

Selama barang pesanan belum dipilihkan oleh personal shopper, kita masih bisa mengubah daftar belanjaan. Nah, fleksibel banget kan? Misalnya nih, ada barang yang kelupaan dibeli, masih bisa ditambahkan ke dalam cart. Kita bisa memonitor perkembangan pesanan langsung di aplikasi HappyFresh.

Pengalaman saya berbelanja kebutuhan Ramadan dengan HappyFresh, saya memilih personal shopper menghubungi saya jika ada barang yang out of stock. Benar saja, beberapa pesanan saya tidak tersedia saat saya berbelanja di Lotte Mart Kuningan City.

Personal shopper dengan sabar mencatat barang pengganti yang saya pilih sambil melihat kembali aplikasinya. Senangnya bisa berdiskusi langsung ketersediaan barang dan harganya. Seakan benar-benar memiliki asisten pribadi yang membantu membelikan barang belanjaan.





Daftar pesanan saya pun berubah karena adanya barang pengganti dan barang out of stock. Ini langsung di-update di aplikasi HappyFresh dan email. Oh iya, biaya delivery HappyFresh sebesar Rp15 ribu. Jika belanja minimal Rp500 ribu, free delivery fee.

Dua jam kemudian, saya menerima belanjaan yang diantar oleh kurir happyFresh. Belanjaan saya di Lotte Mart Kuningan City dikemas dalam tiga kantong plastik.



Saya sempat membeli rolade daging yang dikemas dalam kantong plastik dan sebungkus es batu. Fresh product yang saya beli adalah bawang bombay dan kualitasnya bagus. Personal shopper HappyFresh benar-benar terlatih dan mampu memilihkan barang yang kualitasnya bagus.

Kelebihan belanja di HappyFresh
+ Banyak pilihan hypermarket dan supermarket khusus.
+ Bisa mengubah daftar belanjaan sebelum dipilih oleh personal shopper.
+ Beragam pilihan waktu pengiriman hingga lima hari ke depan.
+ Metode pembayaran yang mudah: kartu kredit atau COD.
+ Banyak promo menarik dan diskon dari para mitra HappyFresh
+ Free delivery jika belanja minimal Rp500 ribu.
+ Hemat waktu dan uang: nggak perlu keluar rumah buat belanja bulanan. Puasa pun lebih berkualitas.

Kekurangan
- Tidak semua mitra HappyFresh memiliki ketersediaan reusable bag HappyFresh yang iconic: warna orange atau hijau.
- Harga produk bisa berbeda di antara mitra HappyFresh.

Selama Ramadan, HappyFresh memiliki program Ramadhan Special di mana salah satunya ada Donation. Ada lima pilihan produk yang bisa dibeli namun HappyFresh akan salurkan ke panti asuhan di Jakarta selatan selama 1-14 Juni 2017. Penyerahan akan dilakukan pada 19 Juni 2017.


Nggak hanya donasi Ramadhan Special, HappyFresh juga menggelar kompetisi "Instagram This Kurma". Selama bulan Ramadhan, setiap kamu belanja di HappyFresh dan pilih pengiriman pukul 4-6 sore, berkesempatan mendapatkan Kurma dan kartu ucapan Selamat Berbuka Puasa dari HappyFresh.

Syarat dan Ketentuan:
1. Belanja di HappyFresh dari tanggal 27 Mei-17 Juni 2017 dan pilih jam pengiriman pukul 4-6 sore untuk mendapatkan Kurma dan Kartu Ucapan Selamat Berbuka Puasa.
2. Upload foto kreatif kamu bersama kurma dan Kartu ucapan tersebut ke Instagram dengan hashtag #InstagramThisKurma #FastingIsSharing.
3. Setiap minggunya akan ada 3 pemenang beruntung untuk mendapatkan masing-masing Voucher HappyFresh Rp 100.000.



Pengen coba belanja kebutuhan harian di HappyFresh? Yuk, buat first time user, ada diskon 10% untuk minimal belanja Rp150 ribu. Tinggal input kode voucher pada bagian kolom Voucher code:


HFBLGEDW



Kode voucher berlaku untuk area Jadetabek, Surabaya, dan Bandung. Yuk, buruan! Hanya untuk 100 orang pertama dan berlaku hingga 30 Juni 2017.


For further information:
Facebook: HappyFreshID
Twitter: @HappyFresh_ID



3 comments:

  1. Wah, semakin praktis aja ya mbak, apalagi dengan adanya HappyFresh, semakin mudah hidup ini, nggk perlu repot2 lagi belanja ke pasar.

    ReplyDelete
  2. HappyFresh memudahkan orang Ciledug belanja pas bulan puasa nih. Tahu sendiri kan kalo pas bulan puasa jalanan deket rumah kita penuh sama orang jualan dadakan jadi malah macet dan udah males duluan liatnya. Jadi mager kemana-mana.

    ReplyDelete
  3. Aaahhh yang begini nih yang lagi aku cari mba... Ga repot belanja bulanan or buat bayi ku belanja mingguan ke lottemart or ranch mart yaayyy.. Mau ya kode nya.. *brb install*

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.