Wednesday, April 19, 2017

Menginap di Hotel Mambruk, Anyer

Awal bulan ini, saya berkesempatan menginap di Hotel Mambruk, Anyer, Serang, Banten dalam rangka kegiatan outing tahunan kantor. Saya terakhir kali ke Anyer sekitar 2009 silam, saat magang di majalah HAI meliput proses pembuatan video klip Naff yang berjudul "Bila Nanti". Wah, udah lama banget ya!

Saya nggak berekspektasi tinggi atas hotel ini setelah rekan kerja yang pergi survei lokasi beropini Hotel Mambruk terbilang jadul. Saya pun nggak mengecek review-nya di situs reservasi hotel.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam pada Jumat pagi, saya tiba di Hotel Mambruk, Anyer. Dari gerbang masuk, nuansa jadul sudah terpampang jelas. Bangunan terkesan kusam namun tamannya terawat.

Saya pun nggak langsung check in karena harus on duty sebagai panitia acara kantor. Meeting room Hotel Mambruk juga terkesan jadul dan koneksi internet (wifi) nggak stabil sehingga sering diprotes peserta acara kantor. Toiletnya sih cukup bersih dan nggak kehabisan tisu. Camilan yang disajikan saat coffee break sore cukup enak dan ludes diserbu peserta.

(Baca: Menginap di Hotel Santika Premiere Bintaro)

Saya baru masuk ke kamar jelang pukul 9 malam. Saya menginap di cottage dengan dua kamar tidur, dilengkapi dengan ruang tamu dengan televisi flat, meja makan bundar, dan dapur. Cottage ini juga memiliki teras dan kursi duduk. Saya juga mendapatkan empat botol air mineral 600ml yang diletakkan di dekat meja makan.

Begitu pintu kamar dibuka, aroma yang bisa saya temui ketika masuk ke museum menyeruak. Namun, furnitur di kamar terbilang terawat, terutama seprai, bantal, dan kasurnya yang masih empuk ditiduri. AC juga berfungsi dengan baik.

Kamr tidur memiliki jendela dengan ruas jendela ganda: jendela kaca bertirai dan jendela kayu. Saya memilih menutup jendela demi keamanan. Teman-teman saya mengeluhkan banyaknya nyamuk di cottage mereka. Hal tersebut justru tidak saya alami. Entahlah, apa menutup jendela berpengaruh pada invasi nyamuk.

Saat masuk ke kamar mandi, tersedia wastafel dengan toiletteries cukup lengkap, ada bathtub beserta shower dan cukup bersih. Semua perlengkapan kamar mandi bisa digunakan dengan baik meskipun wujudnya terbilang tidak menarik. Aromanya, hmm.. agak menyengat. Nggak bau busuk namun ya begitu, bau kamar mandi yang sudah tidak lama digunakan.

(Baca: Menginap di Summerbird, Bandung)

Pagi hari, saya sarapan di Infinity Restaurant & Lounge, yang berlokasi di dekat kolam renang menghadap pantai. Bangunan restorannya terbilang modern dan bersih. Makanan yang disajikan juga tidak kalah dengan menu sarapan hotel bintang ****. Ada salad bar, omelette station, cereal, bubur ayam, American breakfast, buah, yogurt, dan lain-lain.

Sayangnya, pagi itu saya tidak menemukan adanya pelayan yang berkeliling menawari kopi atau teh. Padahal cangkir telah tersaji pada setiap meja. Akhirnya, ambil sendiri deh ke area kopi & teh.

Di sebelah Infinity Restaurant juga terdapat playground buat anak-anak yang cukup besar. Sambil sarapan, anak-anak bisa bermain di playground. Kolam renangnya menghadap ke pantai dan airnya bersih, jernih banget pengen bikin berenang, hehehe.

Hotel Mambruk memiliki akses tersendiri ke pantai namun dilarang untuk berenang di pantai. Banyak karang soalnya. Tetapi, hotel memiliki sea pool atau area yang pantai bebas karang sehingga bisa main air di sana.

(Baca: Menginap di Santosa Villas & Resort, Lombok)

Meskipun sebagian besar bangunan hotel, terutama cottage, terbilang lama, Hotel Mambruk memiliki bangunan baru yang kabarnya lebih modern. Saya hanya melihat dari luar, tidak masuk ke dalam karena area tersebut memang tidak disewa oleh kantor.

Selama dua malam menginap di Hotel Mambruk, Anyer, saya cukup puas  meskipun kualitas bangunannya terbilang lama. Hotel ini perlu improvement supaya tetap memikat para turis yang berkunjung ke Anyer. Sayang sekali, Hotel Mambruk yang luas ini tidak segera merenovasi dan memperbaiki pelayanannya.

Hotel Mambruk, Anyer
Jl. Raya Karang Bolong, Cikoneng, Anyer Kidul,
Cikoneng, Anyar, Serang, Banten 42466

Telp: (0254) 601602

11 comments:

1. Wah kayanya pas kalau buat bawa anak-anak kesini ya..

ReplyDelete
  2. Sederhana tapi ada bathupnya aku sukkaaak banget... Bisa berendem sepuasnya hehehhe

3. Depan cottage a langsung pantai ya mbak? Seru ne! Menurutku nggak jadul hotelnya, malah terkesan mewah aku lihat dr photonya mbak! Atau karena orangnya yang bagus ambil foto kali ya! :D

4. Wah bisa jadi rekomendasi tempat nginep kalau lagi liburan ke sana

ReplyDelete
  5. enaknya kalau gini ....
    kolamnya ngadep dan berdekatan dengan Pantai ....

6. sepertinya bangunan rada lama ya mba... tapi thanks reviewnya...

7. bookmarka, siapa tahu kalau ke anyer suatu waktu

8. Dari fotonya keliatan hotel lama ya mba.. Paling males kl kamar mandi ada bau2 ngga enak, jadi ngga nyaman. Tempat main anaknya jg sepertinya agak ga terawat hihihi XD

9. Hotel yang udah lama memang sebaiknya melakukan perbaikan sana sini ya. Supaya tamu juga merasa nyaman :)

ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.