Thursday, December 8, 2016

EATLAH


Sepertinya segala sesuatu makanan dengan embel-embel salted egg rasanya pasti enak. Entah itu sweet or savory dish. Baru kali ini saya ketagihan makanan bernama salted egg chicken rice dari EATLAH.

Awalnya, saya mengetahui makanan ini dari Instagram Tanya Larasati. Bayangkan popcorn chicken berbalut salted egg sauce, yummy! Penjualnya, EATLAH, berlokasi di Jl. Bumi, Kebayoran Baru which is hampir setiap hari saya lewati saat pulang ke rumah.

Lokasi EATLAH terletak di parkiran Cyberhair Youth Salon, berupa kios kecil yang dikelilingi kaca. Semacam open kitchen sehingga bisa melihat mas-mas memasak. 

Ada tenda kecil dengan dua set meja plastik untuk makan di tempat. Menurut saya, agak kurang nyaman ya buat makan di tempat. Seringnya saya lihat, kursi dan meja yang ada ditempati oleh pemesan yang take out, biasanya sih driver Go-Food.

Saya iseng mengajak suami mampir ke sana karena diliputi rasa penasaran. Saya pesan dua porsi salted egg chicken rice seharga Rp35 ribu. Selain ayam, ada pilihan daging ikan dori dengan harga yang lebih mahal sekitar Rp40 ribu.

First impression, salted egg chicken rice dikemas dengan Chinese takeouts box, seperti yang biasa dilihat di film-film Hollywood atau serupa kemasan KFC Oriental Bento. Duh, harga segini (Rp35 ribu) masa dapatnya cuma segini?



Ketika box dibuka, wah aromanya menggugah selera! Wangi salted egg chicken menyeruak dan tercium aroma daun salam. Ayam yang dibentuk seperti popcorn chicken berbalut tepung crunchy, berselimutkan salted egg sauce yang creamy. 

Daging ayamnya terasa empuk dan lembut ketika digigit. Nggak terasa kering dan susah dikunyah. Daging ayamnya digoreng dengan deep fryer sehingga matangnya pas.

Saat saya mencoba menyentuh bagian dasar box, ternyata ada telur mata sapi setengah matang yang memisahkan ayam dengan nasi yang berada di dasar box. Jadi urutannya dari atas: ayam-telur mata sapi-nasi. Mana kuning telur mata sapinya masih runny, luar biasa enaknya! 

Ada potongan daun jeruk pada salted egg sauce-nya. Rasa telur asinnya terasa sekali, berpadu dengan aromatic daun salam, dan gurihnya kuning telur setengah matang. Saya ketagihan! Bisa makan salted egg chicken rice ini minimal sekali seminggu.

Meskipun dikemas di box kecil, ternyata mengenyangkan lho! 

Pernah lagi pengen banget makan salted egg chicken rice ini di kantor, saya order via Go-Food. Ternyata, harganya lebih mahal Rp5.500 sehingga menjadi Rp40.500 ketimbang beli langsung di kios di Jl. Bumi.

Ketika mampir suatu hari, saya bertanya kepada kasir, mengapa harga beli langsung dengan order via Go-Food berbeda? Dia menjawab karena sudah kerja sama dengan Go-Jek. Oh, mungkin ada fee yang mesti dibayar sehingga dibebankan ke customer Go-Food.

Jika driver Go-Food melakukan pemesanan, mereka harus mengisi semacam form yang terletak di samping kasir, berupa data nomor order, nama driver, total pesanan. Lupa deh apa ada nomor handphone dicantumkan.

Saya belum mencoba salted egg chicken rice dari penjual lain karena ini yang accessible. Yang saya temukan di Instagram, berlokasi di Kembangan dan Karawaci, jauh ya.

Salted egg chicken egg rice EATLAH recommended pokoknya. Setelah saya pikir, dengan harga Rp35 ribu, rasanya enak, ayam dan saus salted egg melimpah, dan telur mata sapi setengah matang, it's worth the price.

EATLAH
Jl. Bumi No. 26, Kebayoran Baru,
Jakarta Selatan

Food Plaza Kiosk #A19
Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan,
Jakarta Utara

IG: @eatlahjkt





12 comments:

  1. harganya lumayan mahal ya mba :D tapi untung kebayar sama rasanya yg memuaskan. sayang jauh dari sini tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau rasanya enak dan porsinya pas, harga ngga masalah :)

      Delete
  2. Aku jg slalu suka ama makanan yg pame saus telur asin :D. Ga ada yg ga enak.. Tp utk yg ini, sepertinya aku hrs minta telur mata sapinya dibikin mateng :D. Ga prnh bisa makan telur yg kuningnya msh cair mba :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Fanny. Bisa kok kamu request ke mas-masnya untuk telur mata sapi dibuat matang. Let's try it, just eatlah :)

      Delete
  3. Duh sayang di Jakarta :( nungguin di Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Vika. Semoga pebisnis kuliner di Surabaya tertarik menghadirkan menu ini ya.

      Delete
  4. aduh bikin ngiler liatnya mbak, tapi agak jauh di kebayoran, mbak yang di kembangan dimana-nya ? pengen nyoba krn deket rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Maya. Yang jual bukan EATLAH untuk yang di Puri Kembangan tetapi Salt Inc. Coba cek IG-nya salt_inc. Oh iya, saya sudah update. EATLAH juga ada cabang di PIK.

      Delete
    2. Hope you enjoy the food :)

      Delete
  5. Hoooohhh suka bgt ama saus telur asin (abaikan kolesterol) tapi blm berhasil bikin sendiri.... Pdhl klo bisa bikin kan hemat yak.... -.-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya sih tapi enak! Saya masih browsing resepnya, kebanyakan resep dari Singapore.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.