Friday, December 23, 2016

Bayar Belanja Online dengan UANGKU


Setelah Oktober lalu saya mengikuti talkshow yang diselenggarakan Kompasiana dan UANGKU bertema "What No One Tells You About Social Shopping", akhirnya saya mencoba pengalaman berbelanja online menggunakan aplikasi pembayaran non-tunai UANGKU.

Sekadar refresh ingatan, UANGKU adalah layanan uang elektronik berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT Smartfren Telecom Tbk, dalam menyediakan solusi pembayaran yang aman dan nyaman.


Marketing Director UANGKU Fanny Verona yang menjadi narasumber utama pada talkshow tersebut memaparkan fakta yang kerap terjadi dalam transaksi jual-beli online. 

Tidak hanya pembeli yang rawan ditipu tetapi juga penjual. Saking banyaknya pesanan yang masuk, penjual berpotensi tertipu jika tidak teliti mengecek bukti pembayaran yang ternyata bisa dipalsukan. Selain itu, human error mungkin sekali terjadi jika penghitungan atau pengecekan dilakukan secara manual.

Kalau kadung tertipu, kasus penipuan akibat transaksi jual-beli online melalui social shopping cenderung lemah dibandingkan dengan transaksi via e-commerce atau marketplace.

UANGKU berupaya menghadirkan solusi atas kekhawatiran keamanan bertransaksi social shopping. UANGKU menyediakan fitur Shopping Payment Request sehingga penjual maupun pembeli mendapatkan jaminan agar tidak mengalami penipuan.

Dari sisi pembeli, kita bisa memanfaatkan layanan Buyer Protection, yakni pembayaran akan dijamin dan dibayarkan ke penjual setelah pesanan diterima. UANGKU juga memberikan layanan Auto Confirmation untuk penjual, yaitu penjual akan langsung menerima konfirmasi pembayaran dari pembeli sehingga pembeli tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran.

Dua layanan ini akan meminimalisasi potensi fraud atau penipuan yang melibatkan penjual bodong maupun pembeli dengan bukti pembayaran palsu. Jadi, nggak perlu repot mengantri di ATM, melakukan konfirmasi pembayaran, memotret atau screencap bukti transfer, atau deg-degan pesanan dikirimkan atau tidak.

Apa yang dipaparkan Fanny ketika itu sesuai dengan pengalaman saya menggunakan UANGKU saat berbelanja  di merchant online shop terpercaya yang sudah bekerja sama dengan UANGKU. Cek daftarnya di sini.

Pertama, saya mengecek daftar online shop pada website UANGKU yang sudah dikategorikan sesuai kebutuhan: Fashion, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Home & Living, Aksesoris Gadger, dan Lainnya.

Saya tertarik memesan casing iPhone 5s di Pepperplum, online shop yang menjual aksesoris gadget. Pilihan saya jatuh pada softcase Sparkle Star warna ungu seharga Rp70 ribu.



Saya chat Pepperplum melalui aplikasi LINE dan melakukan pemesanan. Saya menyampaikan bahwa saya akan membayar melalui UANGKU. Pepperplum ternyata sudah familiar dengan UANGKU karena tidak menanyakan lebih lanjut tentang pilihan pembayaran pesanan saya.

Tidak sampai 5 menit, pesan singkat dari UANGKU masuk ke kotak pesan. Isinya ada payment request UANGKU dari Pepperplum sebesar Rp79 ribu. 



Saya pun sign in ke aplikasi UANGKU dan menemukan notifikasi serupa. Tidak perlu memasukkan nomor rekening, saya tinggal mengikuti instruksi yang tertera di aplikasi UANGKU. Sempat bingung juga ketika tiba di segmen RELEASE NOW. Oh, saya teringat kalau segmen ini perlu diklik jika pesanan sudah diterima.



Setelah 3 hari (saya bertransaksi pada akhir pekan), saya menerima kiriman dari Pepperplum. Begitu bungkusan dibuka, pesanan saya sesuai dengan foto yang saya lihat di Pepperplum. 



Saya kembali sign in ke aplikasi UANGKU dan mengecek notifikasi pembayaran, kemudian menekan kolom RELEASE NOW supaya Pepperplum menerima pembayaran dari UANGKU.



Ternyata, UANGKU memang benar-benar memudahkan saya bertransaksi belanja online. Saya tidak perlu repot mencatat nomor rekening penjual, foto bukti transaksi, dan mengirimkan ke penjual. Barang yang dipesan pun terjamin dikirim karena pembeli yang mengkonfirmasi pembayaran dari UANGKU kepada penjual.

Saya berharap UANGKU memperbanyak kerja sama dengan online shop terpercaya supaya semakin banyak pilihan merchant-nya. Nggak hanya untuk pembayaran payment request tetapi juga bisa digunakan untuk top up saldo layanan ojek online dan membeli tiket bioskop. 




6 comments:

  1. Jadi lebih hemat waktu banget yaaa.. aku kadang suka pending klo utk kirim buktinya.perlu nyoba uangku deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis banget ngga perlu konfirmasi lagi ke seller.

      Delete
  2. Aku udah nyoba juga aplikasi ini, gampang banget nggak usah bolak-balik chat sama sis admin. Cuma sayang merchantnya baru dikit. Kalo udah banyak asik banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Wi. UANGKU perlu perbanyak kerja sama dengan merchant supaya lebih beragam dan banyak pilihan.

      Delete
  3. Jadi penasaran nih mau coba aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, terima kasih sudah singgah. Aplikasi ini worth to try kok karena memudahkan transaksi belanja online.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.