Wednesday, May 30, 2018

Lebih Peka dengan Infeksi Saluran Kemih


Pernah nggak mengalami hasrat ingin buang air kecil tetapi ketika sudah di toilet, malah nggak pipis sama sekali? Gejala tersebut lazim disebut anyang-anyangan dan merupakan pertanda awal penyakit infeksi saluran kemih (ISK) yang rentan dialami oleh perempuan.

Ternyata, masih banyak perempuan yang belum mengetahui tentang penyakit ISK karena menganggapnya sebagai hal normal, yakni anyang-anyangan atau menahan pipis lama-lama. Namun, jika penyakit ISK tidak ditangani dengan seksama, malah berpotensi menyebabkan gangguan reproduksi dan kehamilan (bagi perempuan hamil).

Beruntung saya berkesempatan menghadiri talkshow yang digagas PRIVE URI-CRAN dan Blogger Perempuan bertema "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita" di Harris Hotel & Convention Kelapa Gading, Sabtu (26/5). Dokter kandungan kondang sekaligus presenter DR OZ Indonesia, dr Boy Abidin SpOG, tampil sebagai narasumber.


dr Boy menjelaskan gejala anyang-anyangan lebih sering diderita oleh kaum perempuan. Hal ini disebabkan secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Kebanyakan perempuan berisiko mengidap infeksi saluran kemih berulang jika ISK tidak ditangani dengan tepat.

"Tidak hanya kaum perempuan yang terkena penyakit ISK, anak-anak, perempuan yang menopause, ibu hamil, laki-laki, dan penderita diabetes juga dapat mengalami ISK," papar dr Boy.

(Baca: Bebas Anyang-anyangan dengan PRIVE URI-CRAN)

Gejala ISK bisa dirasakan pada tubuh bagian bawah dan atas. Untuk gejala tubuh bagian bawah, seperti rasa nyeri ketika buang air kecil, rasa panas di area uretra, sering buang air kecil pada malam hari, nyeri pada perut bagian bawah, buang air kecil tidak tuntas, dan tidak bisa menahan hasrat ingin pipis.



Adapun, gejala yang dirasakan tubuh bagian atas antara lain: demam tinggi, merasa lelah dan kurang sehat, menggigil, nafsu makan berkurang, mual dan muntah, serta nyeri pada pinggang (berujung pada ginjal).

dr Boy juga mengatakan jika perempuan hamil mengalami ISK, risikonya berdampak pada janin yang berpotensi lahir prematur, berat badan bayi rendah, preeklampsia, hipertensi, gagal ginjal hingga kematian janin. Wah, ISK nggak bisa dipandang sebelah mata nih!

Penyakit ISK juga dipicu oleh kebiasan sehari-hari, seperti kondisi toilet dan air yang tidak bersih, arah membasuh air yang keliru, malas berganti celana dalam bahkan tissue dan bedak juga bisa memicu penyakit ISK.


Nah, dr Boy nggak hanya menjelaskan gejala dan risiko penyakit ISK tetapi juga cara pencegahannya, dimulai dari rutin mengganti pakaian dalam, penggunaan handuk yang bersih, membasuh dari arah yang benar, dan rutin mengkonsumsi buah cranberry.

Buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos) berkhasiat mengatasi masalah anyang-anyangan karena memiliki kandungan antioksidan yang disebut Proantocyanidin, yang berfungsi mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.


Sayangnya, buah cranberry masih jarang ditemukan di pasar atau supermarket di Indonesia. Sekalipun ada, biasanya buah cranberry impor dan harganya tentu tidak murah. Untuk menyiasati tetap bisa mengkonsumsi cranberry guna mencegah ISK/anyang-anyangan, perusahaan farmasi Combiphar memiliki produk PRIVE URI-CRAN yang mengandung ekstrak cranberry untuk mengatasi ISK/anyang-anyangan.

PRIVE URI-CRAN terdiri dari dua jenis: kapsul yang mengandung 250mg ekstrak cranberry dan PRIVE URI-CRAN Plus berupa kemasan sachet bubuk mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.

Rangkaian produk PRIVE URI-CRAN merupakan solusi alami mencegah dan mengatasi anyang-anyangan, menjaga kesehatan saluran kemih, dan dapat diminum kapanpun dan di manapun. Yuk, cegah dan obati ISK dengan menjaga kebersihan dan mengkonsumsi PRIVE URI-CRAN!


PRIVE URI-CRAN
Facebook: Prive Uricran


1 comment:

  1. ISK ini emang mengganggu banget, jauh-jauh deh dari ISK. Aku kemarin juga baru aja kena bakteri gara-gara air yang nggak bersih, hampir aja kena ISK kalau nggak cepat-cepat ditangani.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.