Wednesday, January 3, 2018

The Greatest Showman


Posting blog perdana tahun ini. Saya ingin mengapresiasi film musikal The Greatest Showman yang ditonton pada 1 Januari 2018. Film ini terinspirasi dari kisah hidup Phineas Taylor Barnum (P.T. Barnum), pengusaha legendaris di bidang hiburan dari Connecticut, Amerika Serikat.

Saya tidak memiliki ekspektasi apapun dari The Greatest Showman, baca sinopsis dan nonton trailer pun tidak. Selama film itu dibintangi Hugh Jackman, saya usahakan menontonnya. Saya penasaran bagaimana pemeran Logan ini bernyanyi sambil menari, jauh dari kesan macho yang selama ini digambarkan pada film-filmnya.

Jangan lupa, Jackman pernah mengolah vokal pada film Les Miserable, film yang mengantarkan Anne Hathaway meraih Piala Oscar sebagai Best Supporting Actress pada 2013. Tentu Jackman tidak akan kesulitan kembali bernyanyi untuk film yang juga dibintangi oleh Zac Efron dan Zendaya. 


(Baca: 5 Hal Inspiratif dari Film Hidden Figures) 

Film ini layak mendapat tempat di hati generasi zaman now karena wajah tampan Efron dan eksotisme Zendaya. Siapa yang kangen menonton Efron bernyanyi seperti masa High School Musical? Jujur, saya sempat nonton High School Musical 1-3 dan senang melihat Efron kembali bernyanyi dan menari riang, meninggalkan image cowok manis Troy Bolton.

Zendaya juga keren banget berperan sebagai seorang akrobatik trapeze. Kabarnya, dia melakukan adegan trapeze tanpa bantuan stunt. Jujur, saya nggak tahu kiprah Zendaya di dunia hiburan Hollywood meskipun masuk berita Buzzfeed dan diundang ke acara awarding.

Nggak ketinggalan Michelle Williams dengan kecantikan klasiknya turut menyumbangkan suara pada The Greatest Showman. Namun, yang nggak kalah mencuri perhatian adalah Rebecca Ferguson yang memerankan Jenny Lind, penyanyi opera yang dijuluki The Swedish Nightingale. 


(Baca: Review The Intern)

Tentu ingat kan, bagaimana Ferguson tampil badass pada film Mission Impossible: Rogue Nation? Udah cantik banget, jago bela diri lagi. Makanya saya amazed ketika melihat Ferguson tampil di The Greatest Showman, definitely a scene stealer.

Lagu-lagu dan adegan musikal The Greatest Showman mengingatkan saya pada serial televisi favorit Glee. Mungkin film ini bukan favorit semua orang tetapi buat yang suka film musikal dan tari-tarian, wajib menonton The Greatest Showman.

Menurut saya, film The Greatest Showman menampilkan jatuh-bangun seseorang dalam berbisnis dan meraih impiannya. Sayangnya, P.T. Barnum digambarkan bukan orang yang sepenuhnya "lurus" melainkan (agak) menghalalkan segala cara untuk diterima dan dipandang oleh kaum sosialita.

Mengutip quote Will Smith, "Too many people spend money they haven't earned, to buy things they can't afford, with money they don't have, to impress people that they don't like," kurang lebih saya mendeskripsikan pesan moral yang disampaikan oleh The Greatest Showman.

Seringkali kita berambisi or trying too hard untuk meraih popularitas atau acceptance di lingkungan melalui kesuksesan dan kekayaan. Keluarga menjadi tersisihkan karena terlalu sibuk mengejar ambisi dan kepuasan diri. Sibuk bekerja keras demi tas branded, lunch di fancy restaurant, atau berlibur di lokasi Instagenic.

Padahal, tanpa disadari kita telah memiliki sesuatu yang paling berharga dibandingkan dengan apapun, yaitu cinta kasih keluarga. Jangan sampai kehilangan harta yang paling berharga ini (mengutip Keluarga Cemara) because you don't know what you've got 'til it's gone.

Selain itu, kita juga bisa belajar leadership skill yang dimiliki P.T. Barnum. Namun, agak riskan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena Barnum terlalu nekad dalam berbisnis, hehehe.

Jangan lupa, The Greatest Showman menghadirkan soundtrack yang sangat easy listening, diaransemen kekinian, dan jauh dari kata "membosankan'. Coba dengarkan lagu "The Greatest Show", "Come Alive", "Never Enough", "This is Me', dan "Rewrite the Stars". Semuanya enak didengarkan.

"You don’t need the whole world to love you. Just a few good people," - Charity Barnum

Image source from here.



9 comments:

  1. Mbaaaakkk aku baru nonton ini semalem and I get the same message as you ��

    Also, seneng juga liat milop Zac Efron kembali menari dan menyanyi. Rasanya pengen bales nyanyi 'We're breakin free~~~' gitu kl ga inget ini film yg berbeda hahhaa

    ReplyDelete
  2. Dari yang aku baca baca di sosmed, banyak banget yang suka sama film ini. Penasaran banget sih, tapi kayaknya harus nunggu tayang di iFlix atau netflix.

    Masih belom pede bawa baby ke bioskop dan paksu susah dibujuk buat kencan berdua aja *lahmalahcurhat.

    Btw, happy new year ya Win ;)

    ReplyDelete
  3. Aku malah ngerasa kayak lagi nonton Tha Hairspray Show Live hahaha. Efron mah jangan ditanya sih, anak yang satu itu suaranya bikin deg - deg ser hahaha.


    (((anak)))

    Btw, aku sempet mewek pas istrinya sedih pas PT pergi tapi ketawa lg karena pake acara koreografi padahal lagi cemburu buta wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  4. zendaya itu yang jadi video klip soundtracknya bang bruno mars versace on the floor bukan ?
    cmiww... filmnya keren :D bener banget. lagunya itu yg bikin terngiang2 after see this film.

    ReplyDelete
  5. penasaran si HJ ini nyanyi beneran wkwkwkwkwkk....soalnya ga nonton LM juga wkwwkwkkk, si emak nih pengen banget nonton ini.

    ReplyDelete
  6. Blm nonton, tp baca reviewmu jd penasaran. Aku blm bisa ngebayangin hugh j dance dan nyanyi hahaha..

    ReplyDelete
  7. Win, gw agak jarang sih nonton fiml musikal. Tapi selama asik ditonton ya ditonton aja.

    Tak pikir ada spoiler dikit-dikit dimari. Heheheheheuuu


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. Waw ada Zac, mau nonton juga ah, tfs mbaaa

    ReplyDelete
  9. Aku suka sama pesannya. Jadi penasaran nonton.

    Aku juga suka HSM! Tapi dulu gak suka sama rambut polemnya Zac Efron hahahaha.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.