Monday, May 29, 2017

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan pada Awal Ramadan


Nggak terasa, kita berjumpa lagi dengan bulan suci Ramadan, yang sangat dinantikan umat muslim karena penuh dengan berkah. Tentunya, banyak persiapan yang biasanya dilalukan supaya momen bulan suci ini tidak berlalu sia-sia.

Biasanya ada ritual tahunan yang dilakukan selama puasa atau menjelang Lebaran, seperti menyiapkan kue lebaran, belanja baju baru, alokasi angpao. Nah, ritual tahunan ini yang kadang cukup menguras energi, emosi, dan isi dompet. 

Namun, hal-hal yang bersifat rutin dilakukan setiap tahun ini bisa disiati jika dipersiapkan sejak awal bulan Ramadan. Tujuannya sih, supaya nggak kerepotan jika baru dilakukan menjelang lebaran.

Apa saja yang bisa dipersiapkan sejak awal bulan Ramadan? Yuk, simak satu per satu tips-nya!

1. Kue lebaran
Enaknya sih kue lebaran dibeli menjelang perayaan lebaran. Apalagi belinya sehabis terima THR. Tetapi, asal tahu saja, penjual kue lebaran akhir-akhir ini menerapkan sistem pre-order atau PO untuk kue lebaran. Bahkan, beberapa hari sebelum bulan puasa, para penjual ini sudah menyebarkan teaser promosi melalui WhatsApp dan posting Instagram.

Nggak salah kok untuk mempersiapkan belanja kue lebaran jauh-jauh hari atau ikut sistem PO. Coba juga mendiskusikan sistem pembayaran dengan penjual, misalnya pembayaran DP 50% saat PO dan baru dilunasi ketika kue yang dipesan siap dikirim. Tentu sistem seperti ini terasa lebih ringan kan?

2. Angpao
Memasuki bulan puasa, sebaiknya kita sudah memiliki gambaran kebutuhan uang tunai yang akan dibagikan sebagai angpao atau salam tempel kepada saudara yang masih anak-anak atau remaja. Lebih baik lagi jika kita mampu menyisihkan alokasi dananya sejak awal untuk menghindari over budget.

Selain itu, tentukan juga pecahan uang tunai yang dibutuhkan. Ada baiknya jika mulai mencari informasi penukaran uang baru keliling Bank Indonesia atau bank yang Anda percaya.

3. Sewa kendaraan
Bagi yang tidak memiliki kendaraan roda empat, rental mobil merupakan salah satu solusi yang bisa diandalkan. Umumnya, rental mobil menerapkan sistem paket penyewaan selama 5-7 hari. Jika ingin menyewa mobil untuk lebaran, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. 

Kalau baru akan mencari rental mobil beberapa hari jelang lebaran, siap-siap saja gigit jari! Sering kali mobil-mobil ini laris disewa. Sekalipun masih ada, harganya jauh lebih mahal.

4. Reservasi hotel dan penerbangan
Ini sebaiknya dilakukan berbulan-bulan sebelum Ramadan. Hal ini guna menghindari tuslah atau meroketnya harga tiket pesawat dan kehabisan tiket. Berlaku juga untuk reservasi hotel, yang bisa-bisa nggak mendapatkan hotel impian karena kamarnya keburu penuh.

Namun, kesempatan mendapatkan tiket atau hotel dengan harga yang terjangkau masih terbuka lebar selama rajin browsing situs pemesan tiket pesawat dan hotel. Kadang, mereka suka memberikan kode voucher atau kerja sama dengan bank tertentu.

5. Baju lebaran
Salah satu alasan utama belanja baju lebaran pada awal bulan puasa adalah menghindari sesaknya pusat perbelanjaan dan macet! Setiap tahun kita biasa mengalami penuhnya department store, trade center, mall dengan pengunjung yang berburu baju lebaran. 

Namun, kenapa nggak membeli lihat-lihat koleksi baju lebaran 2017 secara online? Saat ini, banyak e-commerce terpercaya yang memiliki beragam pilihan baju lebaran dengan harga variatif. Nggak jarang, e-commerce fashion ini menawarkan diskon gila-gilaan, nggak kalah dibandingkan dengan toko offline.

Kelebihannya sih, kita ngga perlu capek-capek antri di kasir, berkeliling mall untuk berburu baju lebaran incaran, atau macet-macetan di jalan. Puasa juga lebih berkualitas kan, energinya bisa dialihkan untuk online shopping atau beribadah.

Image source here





2 comments:

  1. Kalau saya lebih ke poin 1,2 dan 5 mba. Apalagi angpau penting banget

    ReplyDelete
  2. LOL, memasuki awal puasa dan lebaran aku mempersiapkan semua kebutuhan baby ku mba, jadi lupa sama poin poin di atas hehehe.. #busymom

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.