Tuesday, April 19, 2016

Review: Bilna


I count on online shop when it comes to newborn gift. Bilna is one of my favorite online shop to buy newborn needs because they sell various items.

Nggak terhitung frekuensi saya belanja di Bilna. Kalau ada teman atau kerabat yang lahiran, saya suka membeli selimut, set pakaian newborn, sepatu, atau set mitten & socks di Bilna.

Bilna juga punya beragam stok mainan bayi dan anak yang dijamin original dan harganya reasonable, seperti Fisher Price, Bright Starts, Sassy, atau Little Tikes. Kadang harga Bilna lebih murah dibandingkan dengan online shop sejenis.

Seiring berjalannya waktu, Bilna melakukan diversifikasi bisnis, yakni menjual produk non baby and new mom needs, seperti makeup, peralatan rumah tangga dan dapur.

Belum lama ini, Bilna bergabung dengan salah satu online shop bernama Moxy, yang juga menjual produk beragam kebutuhan. Tampilan Bilna pun menjadi Bilna by Orami di website resmi.

Tetapi, saya punya pengalaman nggak enak sama Bilna pada akhir tahun lalu, yang bikin saya sempat absen belanja di sana.

Saya pernah order dan sudah transfer. Esok hari, saya menerima email kalau hampir semua barang pesanan out of stock. Saya komplain dong karena masih bisa order di web. Mereka beralasan, website tidak update. Nah loh, fatal bener buat bisnis seperti ini. Saya mengajukan refund dan mereka menyanggupi.

Selang sepekan, dana refund nggak kunjung masuk. Saya menghubungi Bilna dan mendapatkan jawaban yang mengejutkan. Tiba-tiba saja Bilna menyatakan barang yang saya pesan sudah tersedia dan siap dikirim. Hell no, you messed with the wrong chick! I was exploding that time, saya marah karena merasa dicurangi.

Minta refund, sengaja ditahan sampai barang restock, ogah rugi deh! Saya minta barang yang ternyata terlanjur dikirim dan diterima ibu mertua untuk diambil lagi dan tetap menuntut refund.

Saya sudah terlanjur belanja di online shop lain begitu barang dinyatakan out of stock oleh Bilna. Akhirnya, dana refund ditransfer pada awal pekan berikutnya.

Tetapi, emang dasarnya Bilna punya barang yang lucu, lengkap, dan terjangkau, saya kembali lagi berbelanja pada awal tahun ini. Sempat khawatir jika barang yang dipesan ternyata out of stock.

Kekhawatiran saya tidak terbukti. Setelah berbelanja sebanyak 4 kali, barang yang saya pesan dikirim semuanya, tidak ada yang dinyatakan out of stock. Sepertinya Bilna telah memperbaiki updating website dan manajemen warehouse.


Pros:
+ Banyak pilihan produk dengan navigasi yang friendly.
+ Harganya terjangkau.
+ Sering ngasih diskon!
+ Adanya fitur yang memberikan notif jika barang yang out of stock telah kembali tersedia.
+ Produk yang dijual adalah asli.
+ Adanya review customer cukup membantu dalam memilih barang.
+ They improved the packaging! Pesanan dikirimkan dengan kardus berlogo Bilna. Bahkan pesanan mainan seperti rattle atau stuffed animals dibungkus lagi dengan plastik Ziploc.
+ Tidak perlu repot kirim bukti transfer atau konfirmasi pembayaran.

Cons:
- Jika belanja tidak mencapai Rp200 ribu, biaya ongkir terasa mahal, yakni sebesar Rp18 ribu untuk 1-2 kg
- Hanya punya satu rekening pembayaran, yaitu BCA.

Tips:
- Luangkan waktu untuk membandingkan harga produk di Bilna dengan olshop sejenis. Bouncer merek Sugar Baby lebih murah beli di toko fisik.


2 comments:

  1. Pernah 2x belanja di Bilna udah payment tau tau dapet email kalo ada beberapa item yang out of stock. Akhirnya dijadiin deposit buat pembelanjaan berikutnya. Pas belanjaan berikutnya eeh ada lagi dong item kosong. Beeuh. Tapi belum kapok sih belanja di bilna soalnya suka diskon diapers, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ya kaannn, ibarat love-hate relationship sama Bilna. Suka kasih diskon, barangnya lucu-lucu pula. Susah mau pindah ke lain hati, hehehe

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.