Monday, April 6, 2020

Ide Aktivitas selama #dirumahaja


Pandemi COVID-19 yang merebak sejak awal Maret lalu menyebabkan orang-orang memilih mengurangi aktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Kampanye #dirumahaja bergaung untuk mendukung orang-orang beraktivitas di rumah.

Kantor saya yang bergerak di sektor jasa keuangan, baru bisa menerapkan bekerja dari rumah (work from home/WFH) pada pekan ketiga sejak Pemprov DKI Jakarta merilis imbauan untuk meminimalisasi aktivitas di luar rumah. Aktivitas WFH pun bergantian dengan rekan satu tim dengan jeda satu pekan.

Selama sepekan WFH, ada beberapa aktivitas yang bisa saya lakukan di mana pada hari-hari biasa jarang dilakukan. Entah karena tidak ada waktu atau memang kurang motivasi saja. Siapa tahu aktivitas saya selama #dirumahaja bisa menjadi inspirasi teman-teman pembaca.

Sunbathing
Bagi karyawan kantoran seperti saya yang terbiasa di ruangan ber-AC, bisa berjemur pagi hari merupakan suatu kemewahan. Saya nggak bisa setiap saat meninggalkan meja kerja untuk mendapatkan vitamin D alami. Ketika #dirumahaja, saya nggak akan melewatkan kesempatan menikmati sinar matahari pagi dari teras rumah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang, vitamin D alami yang didapat dari sinar matahari adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu. Yuk, berjemur selama #dirumahaja tetapi jangan lupa pakai sunscreen dulu ya! 


(Baca: Review L'oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh) 

Memasak
Sehari-hari saya mengandalkan katering untuk makan siang di kantor. Saat harus WFH, saya sempat kewalahan menyiapkan menu makan siang. Sebisa mungkin saya mengurangi order GoFood atau GrabFood, hitung-hitung berhemat dan mencoba memanfaatkan bahan makanan yang tersedia. 


(Baca: Resep Nasi Gila)

Saat ini, nggak sulit mencari inspirasi memasak. Cukup buka Instagam, YouTube, dan blog, voila! Beragam resep bisa dipilih untuk dicoba, tergantung selera, ketersediaan bahan, dan kesulitan memasak. Alhasil, selama sepekan #dirumahaja, terbukti saya hanya sekali memesan delivery makanan karena selebihnya masak sendiri. Menunya terbilang mudah dan saya suka sih, seperti nasi goreng kimchi, nasi gila, spaghetti bolognese, goreng telur-tahu dan sambal teri, pokoknya yang nggak ribet deh!

Mencoba tutorial makeup
Sejalan dengan imbauan pemerintah untuk #dirumahaja dan menghentikan kegiatan yang bersifat mengumpulkan kerumunan orang, kegiatan beauty workshop, talkshow, dan launching produk otomatis ditiadakan. Saya cermati, beberapa beauty content creator dan influencer tetap produktif menghasilkan karya untuk dinikmati para beauty enthusiasts, baik berupa blog, vlog, IG story maupun IG TV. Semuanya berfaedah untuk ditonton selama #dirumahaja. 


(Baca: Lip Bullet BLP - All Shades)

Ngga ada salahnya menghabiskan waktu dengan mempraktikkan tutorial makeup dari para beauty content creator ini. Siapa tahu, keahlian berdandan semakin terasah, terutama blending eyeshadow yang tak kunjung saya kuasai hingga detik ini.

Membaca buku
Saya memiliki Kindle hampir dua tahun lalu tetapi hanya beberapa buku yang dibaca sampai tamat. Begitu jadwal bekerja WFH tuntas, saya menyempatkan waktu untuk membaca novel yang sudah tersimpan di Kindle sejak lama.

Jika bosan menonton siaran televisi, saya kembali beralih ke Kindle dan melanjutkan bacaan yang belum terselesaikan. Beruntung saya memiliki Kindle karena banyak buku dan novel fisik tidak terselamatkan pasca banjir tahun baru 2020.

Investasi
Seiring dengan perkembangan teknologi, berinvestasi juga bisa dilakukan dalam genggaman dan bermodal sentuhan jari bahkan saat sedang #dirumahaja. Salah satunya, investasi emas tanpa harus datang ke toko emas, ANTAM, atau Pegadaian, yakni melalui platform online.

Meskipun saat ini terdapat beragam pilihan instrumen investasi, emas masih menjadi pilihan investasi yang menarik karena menawarkan return yang tinggi dan relatif tidak tergerus oleh inflasi. Instrumen investasi klasik ini umumnya diminati oleh perempuan, baik berupa perhiasan maupun emas batangan.

Berinvestasi emas melalui platform online juga memungkinkan investor mengecek harga emas hari ini setiap saat. Tetapi, sebelum berinvestasi, tentukan tujuan investasinya lebih dulu. Jika ingin investasi jangka panjang dan sifatnya stabil, emas bisa menjadi pilihan.

Nah, itu lima aktivitas yang saya lakukan selama #dirumahaja pekan lalu. Saya kembali bekerja pekan ini karena bergantian dengan rekan kerja yang lain. Jangan lupa pakai masker kain dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta tidak menyentuh wajah ya!


*Image credit: Freepix


 

No comments:

Post a Comment

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.