Tuesday, November 27, 2018

Terbius Kuliner Khas Medan


Sejak di bangku sekolah, saya dikelilingi oleh teman-teman yang berdarah Batak dan sangat membanggakan kampung halamannya. Mereka sering kali mempromosikan kuliner khas Sumatera Utara, terutama kuliner di Medan, ibukota provinsi Sumatera Utara.

Atasan saya di kantor sekarang beristrikan orang Medan. Ceritanya selalu tentang kelezatan makanan Medan yang selalu membuatnya kangen. Ditambah lagi novelis kondang Ika Natassa senang berbagi rekomendasi kuliner enak di Medan kepada para followers Twitter-nya.

Tentunya, ini berhasil bikin saya kepincut untuk traveling ke Medan. Sembari menyusun jadwal perjalanan untuk berkunjung ke Tanah Deli ini, saya sudah memilih lima tujuan kuliner yang paling sering direkomendasikan oleh para kerabat.

1. Restoran Tip Top

 
Sebagai sweet tooth, saya penasaran dengan cake dan bakery yang dijual di restoran legendaris ini. Restoran Tip Top berdiri sejak 1934 dan berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Medan. Cake yang dijual di Tip Top berbentuk slices atau petit fours dan whole cake. Penampakannya seperti cake jadul yang penuh dengan butter cream dan meises. Tetapi, rasanya sungguh enak.

Nggak hanya menjual kue-kue penggugah selera, Restoran Tip Top juga terkenal dengan sajian khas Indonesia, Western, dan Chinese. Menu andalan Tip Top yang jadi favorit, seperti Bistik Lidah Sapi dan Nasi Goreng Spesial.

Adapun, dessert yang wajib dicicipi adalah homemade ice cream yang dibuat dengan mesin yang dipertahankan sejak Restoran Tip Top berdiri. Es krimnya juga tipikal es krim klasik, bukan pilihan rasa es krim yang ada di mall Ibukota.

2. Sate Memeng

Penyuka sate ayam maupun sate padang perlu datang ke sini. Dari cerita yang disampaikan teman saya, Sate Memeng ini menawarkan sensasi sate daging dengan aneka kuah, yakni kuah kacang, ala kuah sate padang, dan kecap. Uniknya, ketiga kuah ini bisa dicampur sehingga menghasilkan rasa kuah yang berbeda.

Sate Memeng yang terletak di Jl. Irian Barat No. 2, Gang Buntu, Medan ini memiliki beberapa pilihan daging, antara lain: daging ayam, sapi, hati, dan usus. Daging yang tebal, empuk, dan berbumbu rempah ini sukses menggoyang lidah para pecinta sate. Nggak heran, Sate Memeng selalu direkomendasikan oleh para pelanggan.

Saya sebagai penyuka sate padang, sungguh tergiur untuk mencoba sate daging sapi dengan kuah sate padang dicampur dengan kuah kacang. Seporsi Sate Memeng berisi lima tusuk sate harganya Rp20 ribu, dijamin bakal nambah nih.

3. Ucok Durian


 
Saya baru ngeh dengan tujuan makan duren utama di Medan ini pasca berita penumpang Sriwijaya Air yang protes dengan aroma menyengat duren di dalam pesawat. Salah satu narasumber yang dimintai pendapat tentang pengemasan durian adalah Ucok Durian.

Setelah tanya langsung ke orang Medan asli, Ucok Durian adalah surganya para pecinta durian yang melayani pembeli selama 24 jam. Ucok Durian terletak di Jl. Wahid Hasyim No. 30-32, Babura, Medan Baru dan biasanya ramai didatangi pembeli pada malam hari.

Ucok Durian menawarkan beberapa pilihan durian, yaitu buah durian, durian kupas, daging durian, dan pancake durian. Harganya mulai dari Rp10 ribu, terjangkau sekali kan?

Saking terkenalnya Ucok Durian, mereka memakai tagline "Jangan bilang pernah ke Medan kalau belum mampir ke Ucok Durian". Tampaknya, Ucok Durian merupakan tujuan kuliner wajib jika berada di Medan.

4. Soto Sinar Pagi


 
Selama ini saya hanya mengenal soto ayam, soto padang, soto banjar, soto bandung, dan soto betawi. Sekalipun saya nggak pernah mencoba soto medan, hidangan unggulan RM Sinar Pagi.

Katanya sih, soto medan racikan RM Sinar Pagi memiliki banyak penggemar yang berasal dari kalangan pesohor, seperti mantan presiden SBY. RM Sinar Pagi terletak di Jl. Sei Deli No. 2D, Silalas, Medan Barat.

Dari penampilannya, soto medan berkuah santan kuning ini sedikit mengingatkan dengan soto ayam lamongan dan soto betawi. Layaknya soto berkuah, soto medan menggunakan aneka rempah beraroma kuat, terutama jintan. Meskipun bersantan, kuah soto medan RM Sinar Pagi terasa segar. Wah, cocok sekali menyantap soto RM Sinar Pagi saat musim hujan, ditemani dengan perkedel kentang dan sepiring nasi hangat.

5. Mie Aceh Titi Bobrok



Menyantap mie aceh bukan hal baru bagi saya. Saya termasuk penggemar mie aceh goreng daging. Racikan bumbunya yang berani, berpadu dengan emping dan acar bawang, puas sekali menyantap mie aceh!

Kemudian, apa istimewanya Mie Aceh Titi Bobrok yang berlokasi di Jl. Setia Budi No. 17D, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Medan ini meskipun penjual mie aceh mudah ditemukan di mana-mana?

Setelah tanya ke Pak Bos yang sering membanggakan Mie Aceh Titi Bobrok, mie aceh ini berbeda dibandingkan dengan mie aceh pada umumnya yang menggunakan daging sapi. Mie Aceh Titi Bobrok terkenal dengan mie aceh seafood, seperti daging kepiting, cumi, dan udang, selain menyajikan mie aceh dengan topping daging sapi.

Pelengkap Mie Aceh Titi Bobrok tentu saja potongan acar bawang, perasan jeruk nipis, dan emping melinjo. Belum tentu menemukan rasa mie aceh seafood seperti ini di Jakarta.

Itinerary kuliner selama di Medan sudah dibuat, tinggal mencari tiket pesawat dan penginapan. Kali ini, saya tertarik mencoba layanan reservasi hotel murah dari Pegipegi, agen perjalanan online yang bisa diakses melalui website dan aplikasi.

Tentu dong, saya ingin mendapatkan hotel di Medan yang nyaman dengan bujet terjangkau. Berkat browsing di Pegipegi setelah menentukan urutan dan filter, saya tertarik untuk menginap di Ibis Styles Medan Pattimura yang terlihat kekinian dan Instagrammable.

Harga hotel yang ditawarkan Pegipegi terbilang bersaing dengan aplikasi sejenis. Bedanya, proses pemesanan Pegipegi yang mudah, dengan berbagai promo menarik dan pilihan metode pembayaran, antara lain: transfer bank, kartu kredit, hingga cicilan 0%.

Saat ini, Pegipegi telah terhubung langsung dengan lebih dari 7.000 pilihan hotel, memiliki lebih dari 20.000 rute penerbangan, serta lebih dari 1.600 rute kereta api dan Kereta Api Bandara (Railink) yang dapat dipesan melalui website dan apps Pegipegi. Apalagi, kalau sudah unduh apps Pegipegi, banyak promo diskon yang bikin biaya perjalanan lebih hemat.

Duh, saya nggak sabar menapakkan kaki di kota Medan dan memanjakan lidah dengan aneka kulinernya yang menggugah selera. Ditambah rencana perjalanan lebih mudah dan murah dilakukan melalui Pegipegi.

Main image credit to Indonesia Travel


3 comments:

  1. Aku belum pernah ke Medan dan langsung ngiler itu liat tiptop :')

    ReplyDelete
  2. Semuanya udh aku cobain, dan jujur aja cm mie aceh titibobrok yg aku ga doyan :). Sebagai org yg udh lama tinggal di aceh (18thn), rasa mie aceh di titibobrok msh jauh drpd yg di aceh sana :p. Makanya ga begitu suka ama rasanya. Tp itk kuliner lain yg di atas, aku sukaaaaak. Duuuh jd kangen jg ama kroket nya tiptop mba. Trus ntr cobain nasi gurih khas medan, sate padang alfresco, seafood wajir, sate kerang medan.. Bihun bebek kumanggo, bihun kari tabonna, duuuh aku laper baru nyebutin aja hahahah

    ReplyDelete
  3. aku yang tergila2 sama duren selalu nitip kalau ada yg mau pergi ke Medan hahahha. Indonesia emang juarak deh makanan2 enaknya, kemaren aku ke Palembang aja hepi banget karena enyak2 semua, makanan Sumatera cocok dilidah karena pedes2 berempah gitu :D

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.