Thursday, November 17, 2016

My Smartphone, My Blogging Supporter


Masih teringat ucapan salah satu pembicara Female Daily Blogger Workshop with Samsung Galaxy J Series, Cindy Karmoko, bahwa dia sering menulis ide-ide buat blog pada smartphone. Yes, ternyata saya dan Cindy memiliki kebiasaan serupa.

Seperti Cindy Karmoko, saya memanfaatkan smartphone sebagai pendukung aktivitas blogging. Saat ini, fungsi telepon selular tidak hanya untuk komunikasi lisan dan tulisan tetapi juga kebutuhan utama dalam mendukung produktivitas.

Seperti apa sih peran smartphone dalam mendukung produktivitas seorang blogger?

Ideas documentation
Seiring perkembangan teknologi, buku catatan (notes) dan pulpen mulai ditinggalkan. Saya mengandalkan fitur notes pada smartphone untuk mendokumentasikan ide-ide atau topik yang akan dituangkan melalui blog. 

Saat saya tiba-tiba tidak mood menulis atau kebingungan mau menulis blog tentang apa, the ideas  documentation to the rescue! Saya tinggal buka-buka lagi notes pada smartphone dan voila! Seperti bohlam yang menyala, pikiran mendadak jernih dan kembali semangat menulis blog.

Nggak hanya sebagai penampung ide dan topik blogging, saya juga memanfaatkan smartphone untuk mengetik draft blog. Mengetik di smartphone tidak kalah nyaman dibandingkan dengan mengetik di laptop atau PC. 

Kelebihannya, bisa dilakukan di mana pun, kapan pun tanpa perlu repot menyalakan laptop atau PC lebih dulu atau takut kesetrum.

It makes blogging so much fun and easier!

Snap, edit, share!
Apalah artinya sebuah blog post tanpa foto? Ibarat sayur tanpa garam, ketiadaan foto pada blog post terkesan hampa, kosong, kurang menarik. 

Seolah-olah tulisannya kurang bernyawa tanpa adanya foto yang mewakili atau mengilustrasikan cerita pada blog.

Oleh karena itu, fitur kamera pada smartphone wajib hukumnya. Apalagi kamera smartphone yang punya resolusi tinggi, bisa mode panorama atau auto focus, sungguh sangat membantu kegiatan blogging!

Sebagai blogger yang belum mencapai level profesional, kamera canggih atau mirrorless belum menjadi prioritas saya. Saya pun harus berpuas hati mengandalkan smartphone untuk memotret produk yang akan di-review atau mengabadikan moment.

Makanya, saya harus pintar memilih smartphone dengan kamera bagus, resolusi tinggi, dan beragam fitur pendukung. Nggak hanya buat keperluan blogging, kamera depan smartphone juga harus kece dong supaya bisa selfie atau wefie. Kalau pas ada acara saya ketemu blogger atau influencer kondang, boleh dong wefie dan dipamerin di Instagram? Siapa tahu ketularan jadi kondang juga? Hehehe.

Keep update!
Hari geneeee di mana lagi kalau bukan di social media kita meng-update segala sesuatu baik itu berita, informasi lalu-lintas, diskon online shop langganan atau gosip teranyar. 

Smartphone yang canggih dan mendukung kecepatan internet itu wajib hukumnya. Nggak mau dong update blog atau share blog post terbaru tersendat disebar ke khalayak ramai. Smartphone sangat mendukung blogger untuk menyebarkan blog post supaya bisa dibaca sehingga pageviews pun naik. Ihiy!

Play the music!
Siapa yang tahan nggak mendengarkan musik sehari-hari? Nggak ada kan yang nggak bisa lepas dari alunan nada yang menyejukkan jiwa? Musik membantu banget dalam merelaksasi pikiran saat lagi stuck atau mumet mengerjakan tulisan buat blog.

Hebatnya, fitur musik sudah menjadi satu paket dengan smartphone. Ya dong, sambil browsing, mengetik blog ideas, dan mendengarkan musik. Dijamin lebih enjoy dalam proses blog writing.

Nah, penting juga smartphone memiliki daya tahan baterai selama mungkin supaya semua aktivitas pendukung blogging ini bisa dilakukan bersamaan. Ada nggak ya smartphone yang memiliki jawaban untuk semua kebutuhan blogging ini?

Jawabannya adalah ADA! Samsung Galaxy J Series: J5 dan J7 mampu menghadirkan semua fitur yang mendukung aktivitas blogging saya dan juga teman-teman.


Image source here

Samsung Galaxy J5:
Samsung Galaxy J5 Smartphone merupakan smartphone dengan layar 5.0 Inch dan menggunakan OS Android OS, v5.1 (Lollipop). Smartphone ini didukung processor Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz dengan RAM 1.5 GB dan memori internal 8 GB. Smartphone ini dilengkapi kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Samsung Galaxy J7:
Samsung Galaxy J7 2016 Smartphone hadir dengan tampilan kokoh dengan bingkai logam yang terintegrasi pada bodinya memberikan kekuatan tak mudah terkelupas dan tahan lama. Smartphone ini didukung dengan sistem operasi Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) dengan CPU Octa Core 1.6 Ghz dan memori internal 16 GB, 2 GB RAM. Samsung Galaxy J7 2016 memiliki layar Super AMOLED, 5.5 Inch dengan resolusi 1280 x 720 HD.



Deskripsi Samsung Galaxy J Series ini jelas menyampaikan pesan bahwa semua kebutuhan dalam mendukung blogging sudah tersedia. Apalagi buat kebutuhan foto-foto pelengkap blog. Ada fitur wide selfie yang bisa menampung banyak orang buat foto bareng tanpa harus ada yang tidak tertangkap lensa di pojokan.

Samsung Galaxy J Series baik J5 maupun J7 memiliki fitur Smart Manager yang bisa membuat kita memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori, dan pengamanan. Jadi, bisa terpantau kapasitas penyimpanan foto dan video kita.


Selain itu, smartphone ini hemat baterai dan nggak akan menghambat aktivitas blogging! Fitur Power Saving Mode akan mengutangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan secara otomatis. Fitur ini memastikan smartphone akan tetap aktif saat benar-benar dibutuhkan.


Nah, doa saya terkabul berkat Samsung Galaxy J Series: J5 dan J7 ini. Smartphone canggih ini akan sangat mendukung produktivitas saya sebagai blogger. Blogging in a one touch, why not?

Tulisan ini diikutsertakan pada Female Daily X: Blogger Competition X Samsung Galaxy J bertema "Memaksimalkan Fungsi Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Blogger.”


2 comments:

  1. iya nih, aku masih mengandalkan smartphone untuk jeprat jepret, edit dikit biar makin cling fotonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, blogger kelas menengah baru mampu pake kamera smartphone. Toss dulu, hehehe XD

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.