Thursday, November 5, 2015

Online Shopping 101


Menurut saya, tidak semua orang cocok berbelanja online. Soalnya ada yang merasa nyaman belanja langsung ke toko fisik. Shopping experience-nya berbeda, ada yang suka the art of ngiterin mall, keluar masuk toko, dan menenteng tas belanja dengan penuh gengsi. Liat nih, gue abis belanja di Zara, H&M, lhooo! 

Semakin ke sini, kemudahan yang diberikan perkembangan teknologi membuat saya lebih nyaman berbelanja secara online. Jadi, acara nge-mall murni buat makan dan nonton di bioskop. Tetapi, kalau toko brand favorit lagi diskon, saya masih suka mampir, milih-milih, mencoba, dan membeli.

Alasannya sih, menghemat waktu dan rasa sungkan kepada pasangan. Saya nggak tega membiarkan suami menunggui saya keluar-masuk toko untuk belanja. Cukup aja dia menemani dan mendorong trolley di supermarket saat belanja bulanan. Tetapi, saya excited kalau menemani dia liat-liat pakaian atau sepatu. Bahkan, saya yang suka mengompori untuk belanja. Hahaha.

Kali ini, saya ingin memaparkan, kenapa nggak perlu belanja online for some reasons.

1. Belanja online memerlukan ilmu sabar karena barang yang dipilih dan dibayar tidak langsung didapatkan. Buat yang butuh barang mendesak dan nggak bisa menunggu selama 2-3 hari, sungguh belanja online nggak tepat sekali!

2. Belanja online, kadang, menguras waktu. Soalnya perlu sekali membandingkan harga dari online shop atau e-commerce yang satu dengan lainnya. Banyak yang ngasih diskon atau promo sehingga perlu usaha untuk membandingkan supaya dapat harga yang lebih murah.

Nggak hanya itu, kalau barang yang dipesan telat sampai bahkan melampaui estimasi, kita harus rajin menghubungi online shop atau e-commerce tersebut, bahkan shipping company. Lagi-lagi time consuming.

3. Belanja online, kadang, memacu adrenaline. Alasannya, ada program yang namanya FLASH SALE! Barang-barang didiskon dalam jangka waktu tertentu, bisa selama satu jam atau tiga jam saja. Barang yang dijual pun unitnya terbatas. Jika niat ikut flash sale, siapkan wishlist barang incaran dan koneksi internet yang speedy!

4. Belanja online harus siap-siap melakukan return. Kadang barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan, bisa aja berbeda warna dan ukuran. Kalau online shop atau e-commerce melayani pengembalian barang, kita harus meluangkan waktu untuk mengirimkan kembali barang tersebut dan menunggu barang yang baru atau pengembalian uang (refund).

Oleh karena itu, berbelanjalah di online shop atau e-commerce terpercaya atau yang sudah punya nama sekalian. Mereka ini umumnya melayani pengembalian barang dengan syarat & ketentuan, misalnya price tag atau label tag tidak dicopot, plastik kemasan masih ada, intinya masih seperti barang baru.

Biasanya mereka akan menawarkan penggantian barang atau pengembalian dana. Kita juga harus aktif memantau proses tersebut, bisa kirim email atau telepon ke call center. Kalau refund, mau ngga mau harus aktif mencermati saldo rekening supaya ketahuan dananya sudah dikembalikan.

5. Belanja online harus siap tertipu. Tetapi, hal ini bisa diantisipasi dengan belanja di online shop atau e-commerce ternama dan terpercaya. Sekalipun ada seller tersendiri, bisa dicek juga testimoni para pelanggan atau verifikasi yang diberikan e-commerce.

Logika juga harus jalan. Maksudnya, jangan tergiur harga murah. Wajar atau nggak harga barangnya segitu jika dibandingkan dengan online shop lain? Jangan-jangan barangnya palsu, KW, atau refurbish. 

Saya pernah mengalami kejadian buruk ini, cukup sekali aja. Saya tergiur DVD Big Bang Alive seharga Rp300 ribu di salah satu online shop. Rata-rata online shop lain menjual Rp400 ribu-Rp600 ribu. Tampilan website cukup meyakinkan. Saya transaksi dan transfer. Ternyata barang yang dipesan tidak kunjung dikirim. Melayang deh Rp300 ribu saya.

Ketika saya googling, ternyata toko itu sudah terkenal menipu banyak orang. Pesan moralnya, jangan malas googling tentang toko online yang belum pernah kita sambangi supaya tidak tertipu.

Jadi, apa online shopping cocok dengan Anda?

6 comments:

  1. Alhamdulillah belum pernah ketipu kalo belanja di OS.. Soalnya aku parnoan banget sih orangnya, jadi sblm beli bener-bener cek dan ricek OS nya dulu. Hehehee. Yang aman mungkin di e-commerce besar ya, yang mnyediakan pengembalian barang.. Inshaallah aman lah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, mak belum ngalamin barang nggak dikirim setelah transfer. Andalan saya memang e-commerce terpercaya, yang melayani pengembalian barang.

      Delete
  2. Alhamdillah aq jg blm pernah tertipu, tp klo barang gak sesuai ekspektasi pernah sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Risiko belanja online sih ya. Kita nggak bisa menyentuh fisik barang tersebut, hanya modal zoom in-zoom out gambar produknya, hehehe.

      Delete
  3. Online shopping yang paling cocok buatku online book shopping mak. Itupun konsisten di toko2 langganan aja krn mudah kontaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya jadi jarang beli buku di toko buku karena toko buku online ngasih diskon. Langganan saya di bukabuku.com.

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.