Tuesday, September 30, 2014

Review: Elevenia

Siapa sih yang gak tergiur diskon gila-gilaan? Suatu hari, Elevenia memasang promo tas Mayonette dengan harga jauh di bawah harga asli di official web. Pernah juga tas merek Bags Hearted dan lavender oil dari Wangsa Jelita, dijual di bawah harga resmi. Alhasil, beli dong mumpung diskon.

Jumat (26/9) pekan lalu, Bloomberg TV Indonesia mengundang spokeperson Elevenia sebagai narasumber dialog bertopik bisnis e-commerce. Madeleine Ong De Guzman, VP Marketing XL Planet (Elevenia) hadir sebagai narasumber. Selain Mads, ada PR Manager Elevenia, Iriel Parmato mendampingi.

Menurut Mads, potensi e-commerce di Indonesia besar, mengacu pada jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa. Belum lagi, penetrasi internet masih terpusat di kota-kota besar. Seiring waktu, penetrasi internet akan merata dan semakin banyak yang mengakses internet atau belanja online.

Sumber: Youtube Bloomberg TV Indonesia

Konsep Elevenia adalah marketplace, mudahnya mereka menyediakan mall yang diisi tenant-tenant. Elevenia head to head dengan Rakuten, Qoo10, dan Blanja.com. Bukan dengan Zalora, Lazada, dan Berrybenka.

Elevenia baru launching awal tahun ini, dengan brand ambassador Cinta Laura. Iklan di tv cukup intens, makanya Elevenia cepat populer. Mads nyebut saat ini visitor Elevenia mencapai 8-9 juta visitor per bulan, dengan sekitar 400 ribu akun member Elevenia (termasuk saya).

Awalnya mereka struggling mencari penjual yang produknya unik, laku dijual, dan bernilai ekonomi. Mads menyatakan Elevenia turut mendorong tumbuhnya pelaku bisnis UMKM. Yang tadinya jualan di Facebook, Instagram, grup BBM, mendadak naik tingkat penjualannya setelah bergabung di Elevenia.

Jadi, setiap produk yang akan dijual di Elevenia, akan melewati quality control dari pihak Elevenia, layak jual atau tidak, asli atau palsu, dan gak tipu-tipu. Kemudian, barulah produk tampil di web Elevenia, dipesan, dan dikirimkan oleh penjual.

Iriel menambahkan Elevenia juga engaged dengan para penjual. Misalnya, rutin mengadakan training tentang bisnis dan marketing, menyediakan studio foto untuk seller yang ingin mendokumentasikan produknya, and these are for free!

Mads ngasih bocoran best seller items di Elevenia: gadget (tentunya), Sambal Bu Rudy, dan pancake durian. Bahkan 3 ribu botol Sambal Bu Rudy ludes terjual dalam waktu satu jam!

Pantesan Sambal Bu Rudy lagi out of stock. Soalnya dijualnya cuma Rp12.300 per botol, super murah! Saya pernah nanya di kios Snack Zone di Pacific Place, harganya mencapai Rp37.500 per botol. Gilak, jauh banget dibandingkan dengan harga Elevenia!

Dijamin secure kok belanja di Elevenia, ada beragam metode pembayaran yang nggak merepotkan. Saya aja tiada hari tanpa mengecek Elevenia. Upsss!

1 comment:

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.