Friday, March 16, 2018

5 Keunggulan Catering Online Kulina


Setelah dimanjakan dengan kepraktisan catering online, saya keterusan berlangganan catering untuk makan siang. Saya mencoba pelayanan Kulina yang merupakan salah satu pencetus layanan catering online untuk di area Jakarta.

Jauh sebelum saya mencoba catering online Berrykitchen dan BekalKu, saya ngga sengaja mampir ke website Kulina. Ketika itu, harganya berkisar Rp20 ribuan tetapi saya nggak tertarik berlangganan. Penyebabnya, menu makanan sudah ditentukan selama dua pekan ke depan dan tidak bisa memilih menu lain. Jika hari itu menunya ikan, pilihannya adalah menerima menu atau melewatinya (skip).

Saya lupa konsep awal Kulina seperti apa, sempat tampil pilihan mitra catering dan restoran. Beberapa teman blogger seperti Icha dan Silva pernah menulis ulasan pelayanan catering online Kulina awal 2017. Well, ulasan mereka menunjukkan adanya inkonsistensi dalam hal porsi, penyajian, dan rasa makanan sehingga mereka tidak melanjutkan langganan.


Tetapi, tampaknya Kulina berbenah diri setahun kemudian. Belum lama ini, saya mencermati Kulina menerapkan flat price untuk menu makan siang, yakni sebesar Rp25 ribu per porsi untuk sekali pengiriman. Konsepnya masih sama, menu makanan telah ditentukan dari mitra catering terpilih dan opsi "skip" masih tersedia.

(Baca: Gastromaquia)

Awalnya, saya mencoba berlangganan selama lima hari dengan membayar Rp100 ribu saja. Kemudian, saya melanjutkan berlangganan selama 20 hari dan membayar Rp425 ribu. Jadi, menu makan siang saya hanya Rp21 ribuan saja.

Apa keunggulan Kulina sehingga banyak karyawan kantoran setia berlangganan bahkan bikin saya melanjutkan langganan? Lemme break it for you.

1. Murah!
Untuk pengguna baru (first time user), bisa menggunakan kode voucher EDWIN15 untuk mendapatkan potongan harga Rp25 ribu. Harga per porsi catering online Kulina hanya Rp25 ribu. Jika mau mencoba berlangganan 3 hari saja, cukup bayar Rp50 ribu termasuk ongkos kirim. Coba hitung, makan siangnya hanya Rp16 ribuan.

2. Semakin lama berlangganan, semakin murah.
Kulina menawarkan durasi langganan selama 2 hari, 3 hari, 5 hari, 10 hari, dan 20 hari. Jika berlangganan selama 10 hari akan mendapatkan diskon 3% sedangkan berlangganan 20 hari, diskonnya sampai 10%. Per porsi makan siang hanya Rp22.500 jika langganan 20 hari.

Nasi putih, urap, tempe goreng, ayam bakal Taliwang, dan sambal terasi

3. Ada kembalian!
Ini yang bikin pelanggan sulit berpaling ke catering online lain. Kulina menerapkan promo Lunch Together, yakni semakin banyak pelanggan aktif dalam satu alamat, Kulina akan mengembalikan penghematan biaya kirim berupa kredit yang bisa digunakan untuk mengurangi biaya langganan catering.

Nominal kembalian berkisar dari Rp1.500 hingga Rp5.000 per box makanan, ditentukan oleh jumlah pelanggan aktif di alamat tersebut. Kebetulan gedung kantor saya memiliki 27 pelanggan aktif sehingga kembalian saya mencapai Rp5.000 per hari. Nominal kembalian bisa berbeda setiap hari, tergantung jumlah pengantaran ke alamat tercatat.

(Baca: EATLAH)

Semakin lama durasi berlangganan, semakin besar kembalian yang diperoleh. Artinya, biaya makan bisa lebih murah alias belasan ribu saja setelah diskon masa berlangganan (misalnya 20 hari diskon 10%) ditambah kredit kembalian.

Beef dengan jamur, nasi, tumis capcay, dan pangsit goreng

4. Ada fitur feedback
Kita bisa memberikan ulasan terhadap menu makanan yang dikirim. Fungsinya, untuk menjaga kualitas dan konsistensi makanan yang dikirimkan ke pelanggan. Saya tidak pernah absen memberikan ulasan karena manfaatnya toh akan dirasakan pelanggan.

(Baca: Resep Soft Baked Chocolate Chip Cookies)

Pernah suatu kali CEO Kulina mengirimkan email berisi permintaan maaf karena kiriman makanan ke beberapa gedung perkantoran mengecewakan. Sebagai kompensasi, mereka menggratiskan langganan catering selama satu hari untuk pelanggan di gedung tersebut.

Ayam kuluyuk, tumis tahu sayur, nasi, dan telur dadar

5. Program Referral
Ini adalah alternatif menghemat biaya langganan catering online Kulina. Semakin banyak pengguna baru menggunakan kode referral, kita bisa mendapatkan kredit Rp25 ribu untuk mengurangi biaya langganan. Untuk yang belum coba layanan Kulina, pakai kode EDWIN15 ya!

Selain lima keunggulan di atas, saya juga mengacungi jempol layanan pelanggan Kulina yang beroperasi selama jam kerja. Saya pernah menghubungi mereka melalui fitur live chat dan direspon dengan cepat. Mereka mampu menjawab pertanyaan saya dengan baik dan dilengkapi dengan data jika dibutuhkan.


Bagaimana dengan kualitas makanan Kulina? Setiap hari, Kulina mengirimkan menu makan siang yang terdiri dari nasi, lauk utama, sayur, dan lauk pendamping. Berbeda dengan BekalKu, Kulina tidak memberikan dessert, hanya nasi, lauk-pauk, dan sayur. Kemasannya juga sudah food grade, sempat menggunakan box karton namun kemasan terbaru bermaterial plastik cukup tebal ala bento.

Menu makan siang telah dipublikasikan selama 2-3 pekan ke depan. Seringnya sih menu lauk utama adalah olahan ayam, kemudian diikuti daging dan seafood. Saya selalu skip jika menunya ikan karena ngga doyan.

Pengantaran? Kulina menggunaka jasa Ninja Van untuk pengantaran makanan. Sekitar pukul 9 pagi, Ninja Van selalu memberikan notifikasi pengiriman melalui WhatsApp dan bisa di-track. Makan siang saya selalu tiba sebelum pukul 12 siang. Jika ingin melewatkan pengantaran makanan (skip), harus dilakukan H-1 sebelum pukul 19.00.

Kekurangan Kulina? Bagi saya yang picky eater, menu Kulina ngga bisa diubah sesuai selera. Pilihannya adalah skip atau tetap dikirim. Kredit yang diperoleh dari referral hanya berlaku dua bulan ke depan dan bisa digunakan untuk transaksi minimal Rp75 ribu.

Kalau ingin makan siang dengan harga hemat, Kulina bisa menjadi pilihan. Jika lebih memprioritaskan variasi menu, BekalKu yang sesuai. Tertarik langganan Kulina, jangan lupa pakai kode voucher EDWIN15 di kolom kode promo sebelum checkout.

Kulina
Twitter: @kulinaID


11 comments:

  1. Aku pernah order kulina, waktu itu menunya ayam kuah gitu enaak banget. Harganya juga muraah...kapan ya Kulina bisa kirim ke Tangerang juga.

    ReplyDelete
  2. wah enak banget sepertinya catering nich, menu banyak lagi pilihannya

    ReplyDelete
  3. wahh, ayam bakar taliwangnya menggoda banget kakk. Nggak nyesel deh catering begini, kalo makanannya enak-enak semuaa..

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada model cateringan online seperti ini. Hehe. Di makassar kapan yaa?

    ReplyDelete
  5. Aduhhh enaknya kalau ada katering begini ya, makanannya sehat dan lengkap 4 sehat. Tinggal tambah susu dirumah deh hihihihi.

    ReplyDelete
  6. wah enak ya, semakin mmepermudah kita yang butuh makan tapi sibuk gak bisa masak

    ReplyDelete
  7. wah enak nich kalau ada catering online jadi bagi kita yang sibuk dirumah/ kantor bisa pesan online, hemat tenaga dan tentunya hemat biaya, makyuzzz :)

    ReplyDelete
  8. harganya lumayan murah juga kalau termasuk ongkir ya mba, itu ongkirnya semua flat seluruh jakarta kah? apa ada area2 tertentu? Aku kepikiran pengen nyoba catering di kantor, abis kadang suka males makan di kantin bawah hihihi :D

    ReplyDelete
  9. Mungkin kalo aku masih kerja bisa kucoba nih. Sekarang aku masakin buat suami aja hehehehe.

    ReplyDelete
  10. Catering online, salah satu inovasi usaha yang cukup menjanjikan untuk sebuah kota yang masyarakatnya super sibuk. Kalo saya cukup bolak balik rumah saja kalo makan siang. Salam Dari Kalimantan Selatan...

    ReplyDelete
  11. boleh dicoba juga nih, harganya juga terjangkau yahhh

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.