Friday, January 6, 2017

Turning 30


Beberapa bulan lagi, usia saya akan menginjak kepala tiga. Saya mulai semangat browsing tujuan wisata untuk merayakan ulang tahun ke-30 ini. Saya ingin merayakannya dengan spesial di lokasi wisata favorit saya: pantai atau amusement park.

Terlepas dari mulai browsing ide perayaan ulang tahun, saya perlu flashback tentang target yang ingin dicapai sebelum usia 30 tahun. Pasti pernah baca artikel profil orang yang disebut sukses sebelum berusia 30 tahun? Termotivasi dong ya, siapa tahu profil saya bisa muncul di majalah dengan tema tersebut. 

Bahkan saya sempat ambisius ingin dimuat profilnya di halaman Sosialita Kompas Minggu, yang sekarang sudah berubah nama halamannya, sebelum berusia 30 tahun. Silahkan tertawakan ambisi cetek saya ini, hehehe.

Saat masih fresh graduate dan berusia 23 tahun pada 2010 silam, saya pernah membuat tiga target yang ingin dicapai sebelum mencapai usia kepala tiga:
  • Punya apartemen
  • Punya mobil
  • Bergelar S2
Faktanya?

Hampir 7 tahun kemudian, hanya satu target yang berhasil saya capai sebelum berusia 30 tahun, yaitu memiliki rumah sendiri meskipun kredit ke bank. 

Mengapa tidak kredit apartemen saja? Begini, saya sempat merasakan tinggal di apartemen ala-ala alias rusun di Benhil hampir setahun sejak menikah. Ternyata, tidak terlalu nyaman tinggal di bangunan menjulang tinggi itu. Maklum, saya dibesarkan di landed house yang ada pekarangan seumprit, masih ada hijau-hijau segar dipandang.

Belum lagi drama lift mati sehingga harus naik tangga sebanyak delapan lantai. Biaya maintenance dan parkir bulanan yang cukup besar. Jadi mikir-mikir lagi deh buat kredit apartemen.

Justru, tak disangka sebelum usia 30 tahun, saya sudah MENIKAH! Satu hal yang tidak pernah saya targetkan ketika itu. Saat masih fresh graduate, yang terpikir hanyalah bagaimana meng-upgrade penampilan dan wawasan. Menikah? Hubungan percintaan saja nggak mulus, hahaha.

Apa saya menyesal menikah duluan sebelum merealisasikan target sebelum usia 30 tahun itu? Well, saya tidak menyesal menikah di usia 25 tahun sebelum menggapai target "sebelum usia 30 tahun" itu. 

Ketika sudah menikah, saya dan suami dipermudah untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Nggak kebayang kalau masih lajang, saya harus menabung berapa lama untuk membayar DP rumah. Ternyata menikah itu membawa rezeki dan kemudahannya sendiri.

Bonusnya, saya berkesempatan traveling bersama suami. Suatu aktivitas yang tidak mungkin saya lakukan kalau masih lajang, hmm.. nggak diizinkan orang tua dulu.

Lantas, bagaimana dengan dua target lainnya? Saya percaya, insya allah, dua target tersebut bisa dicapai jika didukung oleh restu suami dan kerja keras saya. Saya yakin, menikah itu bukan menghambat seseorang meraih impiannya melainkan jalan menuju pencapaian impian tersebut.

Setelah memasuki usia 30 tahun, apa akan pasang target hal-hal yang harus dicapai sebelum usia 40 tahun? Tentu dong, yang jelas sebelum usia 40 tahun, saya berhasrat memiliki momongan, bergelar S2, jalan-jalan ke destinasi impian, dan pergi umrah bersama suami. Insya allah, saya diberikan waktu 10 tahun untuk merealisasikan target tersebut.

So, turning 30? Bring it on!

Cover image from here


22 comments:

  1. Semangaaaaattt jeeeeng wiiinnn!!!
    ps. Masa uda 30an si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Ella! Hahaha, iya bener pertengahan tahun bakal kepala tiga XD

      Delete
  2. Stay awesome,mbak win! Rocking on in thirty.. Semoga dimudahkan utk mewujudkan pencapaian-pencapaian yg belum terlaksana ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mba Nad! Insya allah lebih dilancarkan jalannya buat merealisasikan yang belum tercapai :)

      Delete
  3. wah I hope you'll have a wonderful 30th celebration :) hebat ya udah bisa punya rumah. itu milestone yang susah banget dicapai loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih, mbak Rahayu. Insya allah di usia 30 tahun nanti, akan lebih baik lagi, amin.

      Delete
  4. I was wondering ntr klo udah mau 30 bakal se-aweseme mbak edwina nggak ya? Happy turning 30! <3 <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Alifa! Hope you'll have wonderful milestones too, dear :)

      Delete
  5. Happy turning 30, mba! Kereeen udah punya rumah sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, mbak Annisa. Insya allah, mbak juga bisa punya hunian sendiri, amin :)

      Delete
  6. Waaaa semangat mbak! Aku sekarang dalam tahap merealisasikan target sebelum umur 30 tahun. Anyway, selamat menjelang ultah ke-30 yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, mbak Erny! Semoga lancar juga dalam merealisasikan targetnya :)

      Delete
  7. Amien, Mbak. Semoga tercapai cita-citanya :)

    ReplyDelete
  8. Kadang ya gitu. Yg gak masuk list target malah berhasil didapetin duluan, sedangkan yg dipengenin banget malah ketunda. Tapi gapapa Kak Win, dengan semangat dan kerja keras, apa sih yg gak bisa diperjuangkan? Semangaatt! Selamat menyambut usia 30. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti kata quote "good things come when you least expect it", terima kasih, Intan. Hope the same things go to you, dear :)

      Delete
  9. Selamat menyambut usia 30an mbakk. Semoga semuanya tercapai hehe

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  10. Semoga tercapai cita-cita bisa lanjut S2, punya momongan, melipir ke negara impian dan umroh! sip dah :)

    Tapi kan mbak, kalau mati lift, itu bisa sekalian olah raga ;) ha ha ha...yang ada keringatan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih, mbak Dewi.

      Hahaha, lift mati itu sukses bikin keringetan dan ngos-ngosan plus pegel XD

      Delete
  11. Baca ini jadi mengingatkan aku tahun ini juga 30 *tutup muka* *denial*. Kalo aku targetnya umroh, punya momongan, sama jalan-jalan sama suami. Pokoknya hidup bahagia lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Wiiii! Semoga bisa tercapai juga ya targetnya, amin :)

      Delete

Halo, terima kasih sudah mampir dan membaca. Silakan tinggalkan komentar pada kolom comment di bawah. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus.